PDI Perjuangan menggelar Banteng Ride and Night Run 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia betapa pentingnya menjaga kesehatan, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Karena apa pun juga tidak ada bangsa yang sehat tanpa jiwa dan badan yang sehat," kata anggota Komisi XI DPR, Eriko Sotarduga, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia bilang acara ini merupakan rangkaian HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang diinisiasi politikus muda PDI Perjuangan, Pulung Agustanto.

Baca juga: Fraksi PDIP DPRD Bali apresiasi keterbukaan Gubernur Koster

"Ibu Megawati sebagai ketua umum selalu mengajarkan kita untuk hidup, tidak hanya bicara kekuasaan. Sebagai partai, kami harus ada keseimbangan. Kami berada di tengah-tengah masyarakat di mana kami menyelenggarakan ini dengan riang dan gembira, bersepeda dan nanti malam akan lari bersama-sama masyarakat," kata Sutarduga.

Anggota Komisi XI DPR itu menilai konsep mens sana in corpore sano merupakan syarat utama menentukan kemajuan bangsa. Mens sana in corpore sano dipopulerkan Proklamator Soekarno yang bermakna “di dalam tubuh sehat, terdapat jiwa yang sehat”.



Ia menyampaikan acara yang diberi tajuk dalam bahasa Inggris dengan sasaran masyarakat berbahasa Indonesia ini sebenarnya sudah beberapa kali ditunda akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Dia juga menjelaskan acara seperti ini akan diselenggarakan di berbagai daerah.

"Di sini, ada sisi sosial, kami memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita. Kami berharap seluruh masyarakat DKI Jakarta bisa menikmati olahraga pagi dan malam nanti bersama kami untuk menjaga Jakarta tetap sehat," kata dia.

Dalam acara itu, PDI Perjuangan memberi ruang kepada puluhan gerai UMKM untuk menyediakan berbagai pangan lokal Indonesia. Hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan kuliner nusantara.

Baca juga: Megawati : PDIP dan NU selalu berdampingan

Selain itu juga terdapat gerai khusus RedMe yang merupakan penyedia berbagai atribut PDI Perjuangan yang sporty dan berjiwa anak muda, gerai Kopkar 99 yang merupakan koperasi karyawan PDIP, gerai UMKM binaan PDI Perjuangan, seperti sosis bakar dan kopi, serta gerai lain-lain.

Agustanto mengatakan, mereka berencana menggelar acara seperti ini di enam kota tujuan wisata, yaitu Manado, Medan, Yogyakarta, Mandalika, dan Surabaya. Mereka ingin menggandeng milenial untuk hidup sehat.



Ia menjelaskan pihaknya juga menyediakan hadiah menarik untuk memeriahkan acara ini, dan yang tidak kalah pentingnya adalah hadiah yang diberikan kepada guru dan siswa di daerah terpencil.

"Jadi, setiap biaya pendaftaran dari para peserta kami tambahkan dan sumbangkan. Pada acara ini, kami akan sumbangkan seribu sepeda ke guru-guru daerah tertinggal dan dua ribu sepatu kami bagikan kepada siswa-siswa," ucap dia.

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022