Denpasar (Antara Bali) - Telkomsel mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi di Pelabuhan Gilimanuk pada H-1 Idul Fitri 1433 Hijriyah mengalami lonjakan sebanyak 380 persen dari hari biasa.

"Selain Pelabuhan Gilimanuk, di sejumlah pusat keramaian yang menjadi perlintasan arus mudik mengalami peningkatan trafik," kata  Head of ICT Network Management Telkomsel Regional Bali Nusra, Ganot Sunoto, di Denpasar, Selasa.

Peningkatan yang cukup signifikan di Pulau Dewata, terjadi juga di Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Padangbai, Terminal Mengwi dan wilayah Kuta.

Sedangkan di wilayah Nusa Tenggara Barat, kawasan menjadi pusat peningkatan trafik layanan adalah Bandara  Lombok, Pelabuhan Kayangan dan Pelabuhan Pototano.

Ganot menjelaskan, tren peningkatan saat ini beralih dari SMS menjadi layanan data yang lebi mendominasi. Sebab pada Lebaran tahun ini ucapan selamat Idul Fitri melalui media sosial berkontribusi terhadap rafik layanan data di wilayah Bali Nusra sebesar 38,6 Tera Byte pada H-1 Lebaran atau meningkat 6 persen dibandingkan trafik pada hari normal yang mencapai 36,4 Tera Byte.

Selain layanan data, peningkatan trafik layanan di pusat keramaian juga terjadi untuk suara. Seperti trafik layanan suara di Pelabuhan Gilimanuk melonjak 140 persen dibandingkan hari normal.

"Berkat semua persiapan berupa penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan, kebutuhan layanan data pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran tahun ini dapat terakomodasi dengan baik," ucapnya.

Begitu pula layanan SMS dan suara yang walaupun secara keseluruhan trafiknya sedikit menurun dibandingkan hari normal namun kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Guna menjaga kualitas jaringan tetap baik, Telkomsel memastikan bahwa infrastrukturnya dalam kondisi optimum untuk melayani masyarakat sepanjang musim mudik hingga arus balik Lebaran.

Pemeliharan kinerja perangkat secara ketat dan pemantauan trafik layanan melalui perangkat supervisory and monitoring network performance (Superman) terus dilakukan.

"Kami tetap siaga mengamankan kualitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan pada periode Galungan di sebagian besar wilayah Bali pada akhir bulan ini. Kami terus berupaya menghadirkan kenyamanan berkomunikasi yang terbaik bagi pelanggan," katanya.

Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sekitar 19 persen dibandingkan hari biasanya. Peningkatan ini dipicu tingginya pemanfaatan layanan tersebut yang tersedia di sekitar 1.000 outlet siaga sepanjang jalur mudik di wilayah Bali Nusra.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012