Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati mengingatkan para penata rias dan pengusaha salon di daerah setempat dalam memberikan jasa kecantikan sesuai pakem.

"Hal ini penting karena berkaitan dengan semangat pelestarian adat dan budaya yang diwariskan secara turun-temurun," kata Tjokorda Putri saat menghadiri HUT DPD Tiara Kusuma Provinsi Bali di Denpasar, Minggu.

Mengawali sambutannya, istri Wagub Bali ini menjelaskan hakikat tata rias sebagai suatu cara untuk mengubah dan mempercantik penampilan dari rambut hingga wajah.

"Keterampilan tata rias ini identik dengan ahli kecantikan dan pengusaha salon.Jasa seorang penata rias biasanya banyak digunakan dalam acara-acara khusus yang di Bali bersinggungan dengan tradisi, adat dan budaya," ujarnya.

Baca juga: Putri Koster: rias pengantin Bali jangan kebablasan

Oleh karena itu, ia mengingatkan para ahli kecantikan dan juga pengusaha salon ikut peduli dengan upaya pelestarian tradisi, adat dan budaya melalui pekerjaan yang mereka tekuni.

Dalam kesempatan itu, Tjokorda Putri menyampaikan selamat kepada DPD Tiara Kusuma atau Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Provinsi Bali itu yang keberadaannya telah menginjak usia 42 tahun.

Ia berharap, momen pertambahan usia dijadikan ajang evaluasi bagi organisasi agar lebih baik lagi ke depannya. Lebih dari itu, Tiara Kusuma juga diharapkan mengambil peran aktif dalam menyukseskan program pembangunan.

Ia pun meminta Tiara Kusuma dan organisasi wanita lainnya agar tetap membangun sinergi. "Mari kita berkarya, berbudaya dan saling meneguhkan. Bersatu kita kuat, bersama kita hebat," ujarnya.

Baca juga: Putri Koster gencarkan pelatihan etika tata rias dan busana Bali

Sementara itu, Ketua DPD Tiara Kusuma Bali Ni Ketut Sriati Dana mengatakan 42 tahun merupakan usia yang matang bagi perjalanan sebuah organisasi.

Untuk itu, ia mengajak jajarannya menjadikan momentum peringatan hari jadi sebagai ajang evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan serta memicu semangat agar ke depannya bisa menjadi lebih baik.

"Saya berharap di usia yang semakin matang kita menjadi lebih semangat sehingga organisasi ini bisa maju dan berkembang," ujarnya.

Peringatan HUT ke-42 Tiara Kusuma juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus DPC Tiara Kusuma Kabupaten Gianyar dan Klungkung. Berbagai lomba memeriahkan perayaan HUT Tiara Kusuma, salah satunya lomba tata rias.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022