Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menerima bantuan Oksigen Generator dari Kadinda Bali kepada Permerintah Kabupaten Klungkung yang diperuntukkan RSUD Klungkung.

"Oksigen Generator sangat dibutuhkan oleh rumah sakit yang berfungsi untuk memproduksi gas oksigen dengan cepat di tengah pandemi Covid-19," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin.

Saat menerima hibah di Halaman Selatan RSUD Kabupaten Klungkung (17/12/2021), Bupati Suwirta menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia serta Kadin Bali yang sudah mempunyai kepedulian terhadap sesama.

"Generator oksigen ini bisa menghasilkan 30 tabung besar untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Rumah Sakit Umum Klungkung. Dengan bantuan ini, saya berharap bisa menjaga cadangan oksigen selama pandemi, dan menjaga kebutuhan oksigen di RSUD Klungkung," katanya.

Pihaknya juga meminta kepada Manajemen RSUD untuk melalukan 3P yakni Pengadministrasian, Pemanfaatan, dan Pemeliharaan. "Pengadministrasian dicatat dengan baik, dimanfaatkan dengan baik jangan sampai mangkrak atau rusak, serta dipelihara dan dirawat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Klungkung dr. I Nyoman Kesuma menjelaskan bahwa selama pandemi ini permintaan oksigen di RSUD telah meningkat.

"Dengan adanya generator oksigen, kebutuhan oksigen RSUD tak perlu menunggu kiriman, sebab bisa langsung diisi sendiri. Kami menyambut baik bantuan ini, krisis oksigen di masa pandemi bisa diatasi. Bisa menampung 600 liter dan bisa menghasilkan 30 tabung besar per hari," ujarnya.

Desa terdampak banjir
Sebelumnya (16/12), Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat di enam desa terdampak bencana alam banjir di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

"Para perbekel agar proaktif dalam mendata warganya yang terdampak bencana banjir dan secepatnya melakukan koordinasi kepada Dinsos dan P3A Pemkab Klungkung," katanya.

Didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Bupati Suwirta mengajak masyarakat Kecamatan Nusa Penida untuk berdoa supaya bencana banjir tidak terjadi lagi di Nusa Penida.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Desa Batununggul, Kutampi Kaler, Ped, Sakti, dan Kampung Toyapakeh serta Desa Suana. Bantuan sembako bersumber dari CSR ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung, Bank BPD Bali, dan APSI.

Selain menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir, Bupati Suwirta juga menyempatkan meninjau dapur umum dan penanganan beberapa infrastruktur jalan di beberapa daerah yang terdampak bencana banjir.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Camat Nusa Penida I Komang Widiyasa Putra dan perangkat desa setempat serta instansi terkait lainnya.

Pewarta: Ayu Khania Pranisitha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021