Denpasar (Antara Bali) - PT Pegadaian (Persero) Cabang Utama Denpasar memprediksi transaksi menjelang Lebaran pada Agustus mencapai Rp30 miliar atau naik sekitar sepuluh persen dari Juli 2012 yang tercatat Rp29 miliar.
    
"Kenaikan itu dipengaruhi makin dekatnya Hari Raya Idul Fitri dan Galungan di Bali karena banyak juga masyarakat Pulau Dewata yang melakukan gadai untuk memenuhi usahanya," kata Pimpinan Cabang PT Pegadaian Cabang Utama Denpasar, Sucahya Prabawa Laksana, di Denpasar, Rabu.
    
Sementara total transaksi pada Juni pada Pegadaian cabang Utama Denpasar dan sembilan unit pelayanan di Denpasar mencapai Rp27,5 miliar. Dia mengungkapkan bahwa transaksi pada periode Juni-Juli 2012 terjadi kenaikan pertumbuhan transaksi sebesar 15 hingga 20 persen karena pada periode itu bnayak nasabah melakukan gadai berkaitan dengan tahun ajaran baru.

Mengenai transaksi pada Agustus, berdasarkan pengamatannya, sudah mengalami kenaikan setiap harinya. Bahkan nasabah tidak hanya melakukan gadai, melainkan pula menebus barang yang telah digadai sebelumnya.
 
Sebagian besar barang yang digadai merupakan barang berharga seperti perhiasan emas yang mencapai 90 persen. Selain barang berharga, biasanya nasabah di Bali memiliki karakteristik yang unik dengan menggadai barang kerajinan yang dibuat dari emas seperti keris yang dilapisi emas, dan topeng dari emas.
    
Pegadaian mencatat periode Januari hingga Juli 2012, total penyaluran kredit yang telah disalurkan kepada nasabah mencapai Rp187 miliar atau mencapai 52 persen dari target setahun Rp350 miliar.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012