Denpasar (Antara Bali) - Berbagai gerakan dalam latihan olahraga yoga dinilai bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sakit tingkat ringan hingga yang berat, seperti penderita organ vital dalam tubuh.

Melalui yoga dinilai juga mampu mengatasi penyakit kencing manis, pernafasan, ginjal, menjaga vitalitas tubuh, meningkatkan konsentrasi, hingga menumbuhkan rasa percaya diri.
     
Instruktur yoga dari Ananda Marga Yoga Denpasar, Ratnesha mengatakan bahwa gerakan mudra misalnya yang dilakukan dalam praktek yoga sangat membantu mengurangi bahkan menghilangkan masalah pencernaan.
     
"Gerakan yoga mudra dilakukan dengan teknik kaki disilang, kemudian tangan di belakang, dan kepala secara perlahan ditundukkan," katanya dalam Seminar Yoga, Herbal, dan Penyembuhan Alami di Denpasar, Sabtu.
     
Menurut dia, ada bermacam - macam gerakan lain yang tak kalah pentingnya, seperti gerakan tangan dan kaki yang dinilai bagus untuk mengatasi penyakit ginjal.
     
Apabila dilakukan secara teratur yakni dua kali dalam sehari pada pagi dan sore selama 30 menit, maka kesehatan bisa dijaga.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012