Denpasar (Antara Bali) - Lima jenis kesenian tampil memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV memasuki hari ke-26 di Taman Budaya Denpasar, Kamis.

"Pementasan itu diawali dengan penampilan tari topeng kreasi oleh Sanggar Topeng Pance Kanda Eka Suara Murti, Banjar Angbaya, Kelurahan Penatih, Kota Denpasar," kata Kepala Seksi Perfilman dan Perizin Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang juga anggota panitia PKB, I  Wayan Dauh, di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, kesenian itu tampil di kalangan Angsoka Taman Budaya Denpasar mulai pukul 11.00 Wita.

Pada waktu bersamaan, di kalangan Ayodya dipersembahkan gambuh rekonstruksi oleh Sekaa Gambuh Yowana Pura SariAbangan, Desa Bungkulan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Buleleng,

Gambuh, salah satu kesenian tradisional Bali selama ini menjadi sumber dari seluruh gerak dan tari Bali, namun dalam perkembangannya tenggelam dan terlupakan, sehingga jarang dipentaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Tiga pementasan lainnya berlangsung mulai pukul 20.00 Wita, berupa pementasan wayang kreasi dalang cilik oleh I Wayan Anom Candrayana dari Sanggar Candra Mas, Banjar Tegalinggah, Desa Bedahulu, Kabupaten Gianyar.

Kemudian pementasan kesenian unggulan konser musik bertema "East Meets Windha Ensemble" pimpinan I Nyoman Winda di Gedung Ksirarnawa.

Selain itu, pementasan fragmentari Sanggar Seni Surya Candra Puri Gede Karangasem dari Kota Amlapura, Kabupaten Karangasem, daerah ujung timur Pulau Bali, di kalangan Ayodya, ujar Wayan Dauh.(*/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012