Bali United ikut serta pada ajang kompetisi sepak bola Piala Wali Kota Solo, Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di Stadion Manahan Solo pada 20-26 Juni 2021.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra pada laman website Bali United, Kamis berkomentar perihal persiapan anak asuhnya menjajal tim-tim yang berada di Pulau Jawa sebelum mewakili negara Indonesia untuk tampil pada Piala AFC 2021.

Pelatih asal Brasil ini menjelaskan bila kabar bagus bagi timnya karena bisa melakukan beberapa pertandingan sebelum menjalani kompetisi Asia dan juga Liga 1 tahun ini. Hal ini lantaran skuad Serdadu Tridatu sangat minim melakoni suatu pertandingan resmi dibandingkan calon lawan dari grup G Piala AFC lainnya.

Baca juga: Pelatih: skuad Bali United makin lengkap

Fadil dan kolega baru merasakan empat laga di Piala Menpora 2021, kemudian sempat melakoni uji coba dengan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong, dan beberapa latih tanding dengan Bali United Youth dan juga Rans Cilegon.

“Tentu kabar bagus karena beberapa kali saya minta dari manajemen untuk adakan uji coba sebelum kompetisi resmi mulai. Ketika ada kompetisi seperti ini (Piala Walikota Solo), bagi saya kabar bagus untuk tim bisa punya pertandingan untuk melihat perkembangan dalam tim itu sendiri,” kata Coach Teco.

Kompetisi Piala Wali Kota Solo ini direncanakan akan diikuti oleh 8 klub peserta yang berasal dari kasta Liga 1 dan Liga 2. Kasta Liga 1 sendiri selain Bali United yang memastikan ikut serta, ada Persib Bandung, Arema FC, dan Bhayangkara FC Solo, sementara tim dari Liga 2 ada Persis Solo, Rans Cilegon FC, Dewa United FC dan PSG Pati. Laga kompetisi ini akan menerapkan sistem knock out atau sistem gugur dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp1,1 miliar.

Jadwal Piala Wali Kota Solo ini dapat dikatakan mepet dengan perjalanan Serdadu Tridatu di kompetisi Piala AFC yang berlangsung pada Rabu (30/6) mendatang. Oleh karena itu, dikhawatirkan para pemain Bali United berisiko cidera pada kubu dalam timnya.

Baca juga: CEO Bali United taati apapun keputusan format liga

“Ya, situasi dalam sepak bola tahun ini, Bali United punya sedikit pertandingan dibandingkan lawan di Piala AFC (dari Vietnam maupun Kamboja), mereka sudah ada kompetisi resmi. Tentu kesempatan mereka lebih banyak dibandingkan kita dalam jumlah laga. Risiko cidera tentu ada, tapi lebih banyak pertandingan juga bagus untuk bisa melihat kekurangan dalam tim sebelum Piala AFC,” kata Coach Teco menegaskan.

Coach Teco kembali memimpin program latihan di Lapangan Yoga Perkanthi, Jimbaran hari Rabu (9/6). Latihan masih tetap tertutup dan protokol kesehatan ketat. Jalannya latihan di beberapa kesempatan juga ditampilkan secara langsung (live streaming) pada akun official Instagram dan Facebook Bali United. (*)

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021