Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengapresiasi berbagai komponen masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah di sejumlah titik kawasan pantai di wilayah itu.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang turut berpartisipasi secara bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan di sepanjang kawasan pantai," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Pantai Petitenget, Badung, Minggu.

Baca juga: DLHK Badung tangani sampah kiriman di pantai

Ia menjelaskan fenomena sampah kiriman yang terbawa arus dan terdampar di pantai memang terjadi setiap tahun di wilayah Badung pada periode sekitar bulan Oktober hingga Februari.

"Fenomena tersebut kami sebut kedaruratan sampah, karena setiap harinya hampir sebanyak 150-200 ton sampah di sepanjang pantai ini yang terus dibersihkan," katanya.

Hal itu selama ini juga sudah menjadi perhatian serius dari seluruh jajaran Pemkab Badung dalam upaya menjaga citra Bali dan Badung khususnya sebagai daerah tujuan wisata.

Baca juga: Sekitar 30 ton sampah diangkut dari Pantai Kuta

Menurut Suiasa, penanganan sampah sangat perlu dilakukan mengingat kebersihan disamping kesehatan, merupakan isu yang sangat strategis dalam mendukung kenyamanan wisatawan dan menjadi tantangan pemerintah tiap tahun.

"Namun, untuk mengatasinya tidak bisa dilakukan pemerintah saja dan diperlukan dukungan dan partisipasi semua komponen masyarakat untuk dalam mengatasi fenomena sampah kiriman ini. Untuk itu, kami mengajak partisipasi dari semua elemen masyarakat ikut mengatasi masalah sampah di sepanjang pantai wilayah Badung," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, aksi bersih sampah dilakukan oleh Civitas Akademika Universitas Dwijendra Bali. Pada waktu yang bersamaan, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari), RAPI dan komunitas hotel di Bali juga melakukan aksi bersih sampah di Pantai Dreamland Pecatu.

Baca juga: Pantai Kuta dipenuhi sampah Tahun Baru 2021

Sementara itu, Rektor Universitas Dwijendra, Gede Sedana menjelaskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti dengan aksi bersih sampah tersebut ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian.

"Kami akan selalu bersama-sama bersinergi dengan pemerintah khususnya Pemkab Badung. Tidak hanya sebatas kegiatan bersih pantai, tapi kegiatan lain khususnya dalam mendukung berbagai program dari pemerintah," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021