Manado (Antara Bali) - Provinsi Sulawesi Utara siap menggelar Pacific Partnership yang dijadwalkan berlangsung di Kota Manado pada 1-15 Juni 2012.

"Panitia lokal bersama pemerintah dan masyarakat kita siap melaksanakan Pacific Partnership," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hoyke Makarawung usai rapat persiapan di Manado, Senin.

Hanya saja, katanya, belum bisa dipastikan siapa yang akan membuka acara tersebut, apakah presiden atau wakil presiden, karena masih dalam tahapan komunikasi dan menunggu konfirmasi.

Pacific Partnership diikuti 14 negara, termasuk dokter dari TNI dan tim medis kapal US USNS Mercy yang akan mengadakan bakti sosial dan kegiatan pembedahan.

Menurut Makarawung, secara teknis perjalanan pertama ke beberapa daerah kepulauan melaksanakan pembedahan di atas kapal USNS Mercy dan kembali merapat ke Teluk Manado sambil menurunkan pasien yang telah dioperasi. Dilanjutkan pelayaran kedua sambil melakukan pembedahan bagi pasien yang baru dinaikkan.

Selama pelayaran pertama dan kedua, tambahnya, di Kabupaten Talaud, Sangihe dan Sitaro, partisipan lokal maupun internasional serta awak USNS Mercy akan melakukan bakti sosial dengan membangun dan merehabilitasi beberapa sarana kesehatan publik maupun prasarana lain seperti jalan dan fasilitas air bersih.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012