Putera Puteri Wisata Indonesia (PPWI) 2020 mengunjungi Kabupaten Buleleng, Bali, sebagai bagian dari program "Kembali Berwisata" dengan kunjungan pertama ke Buleleng sebelum ke daerah lain di Provinsi Bali.

"Diharapkan, kunjungan PPWI ke Buleleng dapat menjadi wahana mempromosikan pariwisata di Buleleng," kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menerima PPWI di kantornya, Rabu.

Menurut Bupati, potensi wisata di Buleleng memang cukup menarik, terutama keindahan wisata alam yang dikenal dengan sebutan "nyegara gunung", yang mana jarak antara laut dan perbukitan sangat berdekatan dan seakan-akan menjadi satu kawasan.

"Turun beberapa kilometer saja dari perbukitan, orang-orang sudah bisa melihat keindahan laut Buleleng yang dikenal sangat luas," ujarnya.

Tahun depan, PPWI akan melakukan pemilihan untuk mempromosikan kembali pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19. Untuk itu, Bupati Agus Suradnyana meminta agar pariwisata di Buleleng bisa menjadi salah satu materi yang dibahas pada pemilihan PPWI tahun depan.

"Dengan begitu, otomatis PPWI juga akan diundang ke Buleleng untuk menelusuri Buleleng lebih jauh, sekaligus juga untuk upaya promosi wisata di Buleleng," kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Made Sudama Diana mengatakan selama pandemi ini beberapa kegiatan terkait dengan promosi wisata Buleleng dilakukan secara virtual. Jadi, dengan kunjungan langsung yang dilakukan PPWI, maka mereka dapat menikmati keindahan wisata alam di Buleleng hingga ke pelosok.

Ia berharap kunjungan itu tidak hanya mengenal Bali dari wisata yang ada di Bali Selatan. "Nanti, kita akan saling mengunjungi. Kalau mereka punya kegiatan dan kami diundang, maka pasti kami akan datang. Disana nanti, kita mempresentasikan tentang Buleleng," katanya.

Sementara itu, Official PPWI Maya Koraima mengungkapkan pada pemilihan PPWI 2021, rencananya akan mengangkat materi terkait budaya Bali, termasuk budaya Buleleng di dalamnya. Pada kesempatan ini masih dilakukan penelusuran terkait potensi-potensi yang ada di Bali Utara.

"Penelusuran ini dinamakan Kembali Berwisata Tahun 2020.Pada pemilihan tahun 2021, kami akan mengangkat nama Buleleng," katanya yang sampai di Buleleng bersama rombongan pada Selasa (13/10) malam dan Rabu (14/10) bertemu Bupati Suradnyana erta langsung melakukan penjelajahan di sejumlah kawasan di Buleleng.

 

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020