Jajaran Kodam IX/Udayana memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 melalui telekonferensi video atau secara virtual di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana Denpasar, Senin.

Upacara secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dari Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak semua elemen bangsa untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan saling membantu, saling menolong dan bergotong royong serta optimis bahwa bangsa ini adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

Jokowi menekankan sebagai bangsa yang besar, harus optimis dan mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata, tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi saat masa pandemi COVID-19 ini.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, menjelaskan terkait dengan kesiapan Kodam IX/Udayana dalam pemberlakuan dan penerapan normal baru.

"Dalam pelaksanaan new normal nantinya kita mengacu pada skenario yang diterapkan oleh pemerintah daerah dan di dalamnya ada peran kita yaitu dalam bidang pengamanan wilayah dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual juga dilakukan jajaran Korem 163/Wirasatya.

Komandan Korem 163/Wirasatya, Brigjen TNI Husein Sagaf mengatakan bahwa dalam memaknai Hari Lahir Pancasila di saat pandemi adalah dengan semangat nilai-nilai Pancasila.

"Jadi seluruh masyarakat Indonesia mari bersatu untuk menghadapi COVID-19 dengan menerapkan selalu protokol kesehatan di semua kegiatan untuk menuju Indonesia Menang," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyesuaikan dan memberikan dukungan terkait kebijakan Pemerintah Provinsi Bali bila sudah menerapkan normal baru tersebut.

"Jadikan momentum Hari Lahir Pancasila sebagai motivasi untuk bersama dengan komponen bangsa lainnya menyukseskan program pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19," tegas Brigjen TNI Husein Sagaf.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020