Lumajang (Antara Bali) - Status Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meningkat dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III).

"Hari ini warga di lereng Semeru mendapat informasi bahwa status gunung tertinggi di Pulau Jawa meningkat menjadi Siaga sehingga kami meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Semeru," kata tokoh masyarakat Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Heri Gunawan, Jumat.

Berdasarkan laporan PVMBG pada situs Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, guguran awan panas dengan jarak luncur 2.500 meter pada Kamis (2/2) pukul 07.47 WIB dan berpotensi terulang dengan jarak luncur lebih jauh.

Pada pengamatan visual teramati hembusan atau letusan asap dengan warna putih kelabu tebal dengan tinggi mencapai 100 - 600 meter dari puncak Semeru dan semakin intensifnya api diam (sinar api) di kawah Jongring Seloko dan guguran lava pijar dan guguran awan panas.

Berdasarkan hasil pemantauan secara visual dan analisis data tersebut terhitung tanggal 2 Februari 2012 pukul 17.00 WIB, status Gunung Semeru dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga.(*/R-M038)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012