Denpasar (Antara Bali) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu merasa optimistis kunjungan wisatawan asing hingga akhir 2011 mampu mencapai target sebesar 7,7 juta orang.

"Kami optimistis target kunjungan wisman tersebut tahun ini akan tercapai. Walau di Eropa saat ini terjadi krisis utang, sama sekali tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan asing," katanya di kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Rabu.

Di sela-sela meninjau rencana pembangunan kawasan marina di Benoa, dia menambahkan bahwa untuk mencapai target tersebut harus kerja keras, optimistis, dan realistis.

"Kami mengintensifkan pemasaran pariwisata Indonesia ke negara-negara yang pertumbuhan ekonominya masih baik. Selain itu, kita harus mampu menyediakan produk-produk yang menarik seperti wisata kapal pesiar," katanya.

Untuk mengintensifkan wisata kapal pesiar, Mari Pangestu mengaku sudah mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar hingga Rp4 miliar. Target promosinya itu juga dilakukan pemerintah hingga ke Miami, Amerika Serikat.

Sementara itu General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, mengemukakan bahwa pihaknya memiliki keinginan untuk membuat zona marina khusus untuk menampung kapal pesiar ukuran kecil hingga besar.

"Kami punya lahan kosong di sekitar pelabuhan dan itu akan kami gunakan untuk program tersebut. Pada 2013 sudah dibangun, sejalan dengan jalan tol. Estimasi biaya sekitar Rp4 triliun, bisa lebih," ujarnya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011