Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra berharap Nobuko Kan, istri Perdana Menteri Jepang, dapat berkunjung ke acara Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N)/Sanur Village Festival (SVF), yang diselenggarakan di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, 19-22 November 2011.

"Kami sangat berharap sekali istri Perdana Menteri Jepang berkenan untuk mengunjungi acara ini guna
memperkenalkan potensi tanaman anggrek yang dimiliki Denpasar," katanya di sela-sela acara jumpa pers PF2N/SVF, di Denpasar, Selasa.

Dia mengatakan, selain itu, pihaknya akan menghadiahkan sebuah tanaman hias  kepada tamu negara asal negeri Matahari Terbit tersebut.

Karena itu, tambah Rai Mantra, selama ini potensi anggrek di ibu kota Provinsi Bali itu sangatlah besar, namun belum banyak yang terlalu mengetahuinya.

"Semoga saja dengan kedatangan beliau ke kegiatan tersebut, tanaman hias hasil produksi para petani di sini bisa dilirik atau diminati oleh tamu negara itu," ujarnya.

Menurut Rai Mantra, tujuan memperkenalkan anggrek itu kepada Nobuko Kan, guna menarik minat masyarakat negeri sakura tersebut untuk menggunakan tanaman hias dari Denpasar.

"Saat ini kami masih menunggu kabar kepastian kedatangan beliau dari Konsul Jepang, yang sebelumnya telah datang untuk membicarakan soal kunjungan itu," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia PF2N/SVF Ida Bagus Sidharta Putra mengatakan, untuk mengamankan perhelatan akbar tersebut dan mengantisipasi kedatangan para tamu negara delegasi KTT ASEAN, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait.

"Guna mengamankan lokasi, setiap hari kami kerahkan 150 personel keamanan gabungan selama pelaksanaan PF2N dan SVF," ujarnya menjelaskan.

Dia mengatakan, personel itu merupakan gabungan dari pihak kepolisian Polda Bali, TNI, pecalang, dan petugas dari Dinas Perhubungan.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011