Kuta (Antara Bali) - Raja Sapta Oktohari, calon Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mengatakan, jumlah pengusaha muda di Indonesia hanya 0,18 persen dari total penduduk di Tanah Air.

"Angka tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah pengusaha muda di Malaysia yang mencapai 16 persen dari total populasi penduduk di negeri itu," katanya usai tatap muka dengan BPD Hipmi Bali di Kuta, Jumat (16/9) malam.

Dia mengatakan, penyebab masih cukup rendahnya jumlah pengusaha muda di Tanah Air karena sebagian besar penduduk mengganggap bidang tersebut bukan profesi yang dicita-citakan.

Menurut pria yang akrab disapa Okto itu, hal yang cukup menyedihkan yakni masih cukup banyak yang menjadi pengusaha karena faktor tidak sengaja atau "kecelakaan". "Banyak alasan sebagian orang menjadi pengusaha karena tidak ada pekerjaan ataupun diberhentikan dari profesinya," ujarnya menandaskan.

Oleh karena itu, tambah Okto, dirinya jika diberikan kesempatan menjadi ketua umum perhimpunan pengusaha tersebut akan berusaha mengubah cara pandang masyarakat, terutama generasi muda, bahwa menjadi pengusaha adalah bagian dari gaya hidup.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011