Klungkung (Antaranews Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali mengembangkan objek wisata alam pedesaan, dengan memacu perangkat desa untuk menciptakan ide kreatif objek wisata di daerah masing-masing.
    
"Saya menunggu dan mendukung apabila ada desa memiliki ide kreatif di sektor pariwisata. Dengan perkembangan pariwisata di desa-desa, akan bermanfaat untuk masyarakat setempat," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat meninjau kawasan Bukit Abah, Desa Besan yang potensial menjadi objek wisata alam, Minggu (13/1) yang siaran persnya diterima Senin.
    
Terkait bukit tersebut, ia mengatakan jika dikembangkan dan dikelola dengan baik akan menjadi destinasi pariwisata yang menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.
    
Melihat potensi Bukit Abah, ia mengungkapkan, Pemkab Klungkung lewat Dinas Pariwisata akan membuat rencana besar mengembangkan kawasan dengan luas 80 hektare tersebut.
    
“Bukit Abah memiliki pemandangan berupa laut, perkotaan dan lainnya, sehingga merupakan daerah yang strategis  untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata," katanya kepada pejabat pemkab dan aparat desa yang menyertainya.
    
Namun untuk mencapai tujuan itu, ia mengingatkan, perangkat desa, tokoh serta masyarakat setempat untuk bekerjasama agar pengembangan pariwisata yang dilakukan selaras.
    
Menurut dia, untuk biaya awal akan ditanggung oleh Pemkab Klungkung, namun pengembangan kawasan itu tidak bisa dilakukan sekali jadi, tapi harus melalui beberapa tahapan.
    
"Jangan berpikir pembangunan pariwisata langsung jadi, yang lebih penting adalah kami bersama aparat desa, tokoh dan masyarakat sama-sama berproses agar objek wisata ini terus berkembang," katanya.
    
Ia mengatakan hasil dari proses ini tidak hanya akan dinikmati oleh generasi sekarang, tapi hingga generasi-generasi mendatang.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019