Liwa, Lampung (Antara Bali) - Lampung Barat bisa menjadi daerah tujuan wisata internasional, sebab daerah tersebut memiliki potensi pariwisata yang besar dan mampu bersaing dengan daerah tujuan wisata lain.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung Hudaibi di Liwa, Selasa mengatakan, Lampung Barat layak dijadikan sebagai daerah tujuan wisata nasional maupun internasional.

"Kekayaan potensi alam yang menyajikan panorama yang indah , menjadi aset penting bagi daerah ini untuk menjadi kawasan wisata bergengsi, sebab melihat dari animo wisatawan asing yang kerap berkunjung di daerah ini, menyatakan bahwa Lampung Barat patut bersaing dengan bali," kata dia.

Menurut dia, kawasan pantai Lampung Barat gambaran pariwisata Bali di era 80 an.

Ia mengatakan bahwa selain wisata alam,Lampung Barat juga menyajikan wisata budaya yang dapat di pelajari wisatawan, sehingga wisata yang disuguhkan tersebut mampu menambah ilmu pengetahuan pendatang.

"Pemerintah terus mengembangkan kawasan wisata di Lampung Barat, salah satu yang tengah di kerjakan yakni kawasan desa wisata yang terdapat di empat titik wilayah, selain itu pengembangan lain yang menjadi fokus pemerintah, yakni jalinan kemitraan pihak ke tiga untuk mengelola potensi pariwisata tersebut menjadi bidang usaha yang menjanjikan," katanya menambahkan.

Dia menyebutkan, keindahan panorama alam dan pantai di Lampung Barat, mampu menarik wisata mancanegara untuk berkunjung di Lampung Barat, bahkan tidak kurang dari 100 ribu wisatawan setiap tahunnya berkunjung di daerah tersebut.

Kemudian, lanjut dia, Lampung Barat terus membuka peluang investasi bagi investor untuk bermitra dengan Lampung Barat dalam mengembangkan potensi pariwiasata.

"Optimis siapa pun yang hendak menjalin kemitraan dengan Lampung Barat dalam mengelola aset wisata ini, akan dapat mendatangkan keuntungan yang besar, sebab dengan potensi wisata yang ada dapat dikembangkan dan mampu menarik wisatawan mancanegara," katanya.

Dia menambahkan, berharap pemerintah pusat dapat membantu Lampung Barat dalam mengembangkan objek wisata di Lampung Barat sehingga mampu menjadi daerah tujuan wisata nasional dan Internasional.

Lampung Barat menjadi daerah yang memiliki potensi alam yang besar, yang mana di dalamnya terdapat potensi pariwisata yang dapat di kembangkan menjadi daerah tujuan wisata.

Puluhan air terjun yang ada belum terkelola dengan baik, sehingga butuh keseriusan dari pemerintah pusat, untuk memfokuskan bantuan dalam pengembangan sektor pariwisata di Lampung Barat.

Kawasan Pesisir Lampung Barat menjadi target kunjungan wisatawan mancanegara, yang mana setiap tahunnya tidak kurang dari 3000 lebih wisatawan yang datang di daerah poesisir ini.

Dengan panjang pantai 220 Km, dan memiliki ketinggian ombak hingga empat meter, membuat pesisir menjadi tempat "surfing" terbaik kedua dunia.

Tidak hanya potensi pantai potensi danau pun layak di perhitungkan, sebab keindahan di area danau ini, mampu menghipnotis pengunjung yang datang.

Keunikan sejarah dan budaya masyarakat juga menjadi daya tarik bagi daerah tersebut, pasalnya Lampung Barat di kenal sebagai daerah kerajaan, dan sejuta cerita di dalamnya, sangat pantas Lampung Barat menjadi target pembangunan pemerintah pusat dalam pengembangan kawasan wisata, katanya.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011