Semarapura (Antaranews Bali) - Ni Made Niti Artasari, murid SDN 1 Semarapura Kangin, Kabupaten Klungkung mendapat kepercayaan mewakili Bali ke tingkat nasional dalam mengikuti lomba bercerita serangkaian Hari Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 di Jakarta, 3-7 September 2018..
    
Ni Made Niti Artasari, sebelumnya berhasil meraih juara I bercerita dalam lomba minat baca tingkat Provinsi Bali. Dalam lomba tersebut, siswa kelas VI ini membawakan cerita tentang "Dalang Anteban" atau cerita tentang pedalangan/pewayangan.
   
Cerita tersebut juga akan dibawakan ke tingkat nasional bersama cerita "Lipi Poleng" (Ular belang) Tanah Lot. "Cerita daerah yang menasional tersebut berhasil mengantarkan seorang siswa asal Klungkung mewakili Bali ke tingkat nasional," ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, Nengah Sudiartha saat beraudiensi dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di kantornya, Rabu.
   
Menurut Sudiartha, di tingkat Provinsi, Klungkung mengirim masing-masing tiga orang peserta SD dan SMP. Klungkung berhasil memboyong juara di kedua jenjang tersebut. Untuk SD, Klungkung meraih juara I, II dan IV. Sementara untuk tingkat SMP, Klungkung juga meraih juara I dan juara III. "Untuk yang ke pusat itu hanya wakil dari tingkat SD saja," ujarnya.
   
Ni Made Niti Artasari mengaku gembira bisa mewakili Bali ke tingkat nasional. Menurut siswa yang bertempat tinggal di Desa Satra, Kecamatan Klungkung ini, gemar membaca mendasari dirinya suka tentang cerita-cerita rakyat/tradisional.
   
Meski ditengah era digital, menurut siswa yang juga pernah melenggang ke tingkat nasional dalam lomba "Penggalang" Ceria ini mengaku mendapat cerita-cerita tersebut dari buku-buku di Perpustakaan Kabupaten Klungkung serta mobil keliling perpustakaan.
   
"Untuk tingkat nasional, persiapan telah dilakukan dengan meningkatkan latihan disamping juga pembinaan dan pembekalan di sekolah," ujarnya didampingi guru Pembina, A.A Istri Sayang Setiadewi.
   
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengapresiasi prestasi yang diraih murid SD Ni Made Niti Artasari.
   
Bupati  Suwirta memberikan  semangat sekaligus motivasi agar  bisa menjadi pemacu dan penyemangat siswa lainnya untuk meraih prestasi di berbagai bidang. "Semangat berlomba, semoga ini menjadi motivasi bagi siswa yang lain," ujar Bupati Suwirta. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018