Denpasar (Antaranews Bali) - Tiga Badan Usaha Milik Negara yakni Asuransi Jiwasraya, Rajawali Nusantara Indonesia dan Hotel Indonesia Natour, menyerahkan bantuan bedah rumah kepada masing-masing satu orang karyawan perusahaan tersebut dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI.

"Kami apresiasi bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan," kata Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian BUMN Agus Suharyono ketika hadir dalam upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar, Jumat.

Secara simbolis bantuan bedah rumah masing-masing sebesar Rp50 juta itu diserahkan oleh masing-masing perusahaan kepada tiga orang karyawan BUMN itu yakni Nyoman Artana, Nengah Widiasa dan Wayan Sukerta. Bantuan diserahkan setelah upacara 17 Agustus 2018 itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Asmawi Syam mengatakan program bedah rumah tersebut diprakarsai oleh Menteri BUMN Rini Soemarno yang pada awalnya untuk membantu para veteran.

"Kini program bedah rumah itu juga merambah para karyawan masing-masing perusahaan BUMN yang membutuhkan renovasi tempat tinggal mereka," katanya.

Pihaknya mengharapkan bedah rumah dari BUMN juga akan merambah para pejuang olahraga atau atlet yang telah mengharumkan negara di kancah olahraga dunia.

"Awalnya, kami tujukan ke veteran pejuang yang butuh bantuan kemudian berlanjut karena sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan harapannya semua veteran pejuang yang dibantu sudah selesai. Kami harap akan membantu para pejuang lain seperti para atlet dan karyawan BUMN sendiri," katanya.

Secara terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Wiwik Prihatini mengatakan Upacara HUT RI ke-73 dihadiri seratusan karyawan dari sekitar 38 perusahaan BUMN yang ada di Bali.

"Terkait bantuan bedah rumah tersebut, masing-masing tiga BUMN itu memberikan Rp50 juta kepada masing-masing karyawan perusahaan setempat yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan diantaranya berlokasi di Singaraja dan Karangasem," katanya.

Selain penyerahan bedah rumah, dalam upacara peringatan HUT RI itu juga diserahkan secara simbolis sertifikat bagi para program siswa SMA dari Kalimantan Timur yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Bali sejak 12 Agustus hingga 20 Agustus.

BUMN Asuransi Jiwasraya, Rajawali Nusantara Indonesia dan Hotel Indonesia Natour merupakan tiga perusahaan milik negara yang menjadi pelaksana program SMN di Bali tahun 2018.

Sementara itu, Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI seharusnya dilaksanakan di lapangan taman Rama Sita kawasan Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, namun mengingat cuaca di Denpasar dan sekitarnya sedang diguyur hujan deras sejak pagi, maka panitia penyelenggara memindahkan upacara HUT RI di gedung Agung Room hotel setempat.

Meski dilaksanakan di dalam ruangan pelaksanaan upacara peringatan detik-detik kemerdekaan RI oleh perusahaan BUMN itu berjalan lancar mulai pukul 08.45 Wita hingga pukul 09.17 Wita, lalu dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta kepada 23 peserta SMN 2018 dan penyerahan bantuan bedah rumah karyawan BUMN. (ed)

Video oleh Dewa Wiguna

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018