Badung (Antaranews Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, melantik dengan mengambil sumpah dan janji sebanyak 44 orang pegawai negeri sipil (PNS) yang mayoritas adalah tenaga kesehatan yang bertugas sebagai bidan di sejumlah tempat kesehatan di Badung.

“Ada tiga hal yang saya tekankan kepada PNS yang baru diambil sumpah dan janjinya ini. Mereka semua harus jujur, disiplin dan bekerja keras,” ujar Bupati Giri Prasta di Puspem Badung, Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, dulu pengambilan sumpah atau janji jabatan tersebut sesuai ketentuan hanya dilakukan untuk pegawai struktural saja. Namun, sekarang berdasarkan aturan yang baru, sumpah atau janji jabatan juga dilakukan untuk fungsional dan struktural. 

"Saya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada 44 pegawai yang disumpah menjadi PNS ini. Saya tekankan agar PNS baru ini berkomitmen untuk bekerja secara sungguh-sungguh sebagai abdi negara," katanya.

Bupati Giri Prasta juga berpesan kepada 44 PNS baru itu, agar melaksanakan tugas pokok dan fungsi secara baik dan bertanggung jawab. “Kalau sudah bekerja dengan baik, masyarakat bahagia tentu masalah kesejahteraan pegawai ini akan terus kami tingkatkan,” kata Giri Prasta. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung, I Gede Wijaya mengatakan, pengambilan sumpah atau janji PNS tersebut merupakan bagian dari upaya pembinaan PNS sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat yang setia dan taat terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara dan pemerintah.

"Selain itu, PNS harus memiliki mental yang baik, jujur, bersih, berdaya guna dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya dan dalam upaya mendukung usaha pemerintah untuk mendorong terwujudnya 'good govermence' dan 'clean government'.  

Ia menambahkan, pengambilan sumpah tersebut, sesuai dengan PP Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS. Dimana setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah atau janji.

Sementara itu, peserta yang mengikuti pengambilan sumpah atau janji PNS di lingkungan Pemkab Badung tersebut terdiri dari 43 orang yang diangkat sebagai PNS TMT 1 Mei 2018 dan 1 orang lagi diangkat sebagai PNS TMT 1 Juni 2018. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018