Denpasar (Antaranews Bali) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Denpasar, Bali, mendukung program Tim Penggerak PKK dalam mewujudkan keluarga sehat dan posyandu paripurna.

Kepala DPMD Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana di Denpasar, Selasa, mengatakan pihaknya mendukung program Tim Penggerak PKK Denpasar melalui 10 program pokok PKK yang salah satunya mewujudkan keluarga sehat, PKK Kota Denpasar rutin melaksanakan posyandu paripurna yang menyasar warga masing-masing banjar (dusun).

Untuk tahun ini, kata Alit Wiradana, terdapat 800 balita dan 800 lanjut usia (lansia) mengikuti kegiatan di pos pelayanan terpadu (posyandu) paripurna di Kota Denpasar.

"Kegiatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun itu menyasar bayi di bawah umur lima tahun (balita), ibu hamil dan lanjut usia (lansia)," kata Wiradana

Sementara itu, Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Antari Jaya Negara mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan kepada masyarakat dengan melaksanakan sepuluh program pokok PKK.

"Tim Penggerak PKK Kota Denpasar yang merupakan pendamping strategis pemerintah rutin melaksanakan sepuluh program pokok PKK, salah satunya meningkatkan derajat kesehatan melalui pelaksanaan posyandu paripurna," ucapnya.

Ia mengatakan, pos pelayanan terpadu dilaksanakan di dua banjar, masing-masing selama tiga bulan hingga akhir Juni 2018 dengan berbagai kegiatan, antara lain penimbangan balita, memberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan kegiatan olahraga bagi para lansia.

Antari Jaya Negara menjelaskan, melalui kegiatan posyandu paripurna mensinergikan berbagai program lintas sektoral untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. "Melalui kegiatan tersebut sekaligus memberikan perhatian kepada lansia untuk dapat secara berkesinambungan menjaga dan merawat kesehatannya," ujarnya.

Ia mengharapkan, para lansia untuk dapat memelihara dan menjaga kesehatannya melalui olahraga dan kegiatan lainnya sesuai dengan kesenangan masing-masing. "Semua itu akan di fasilitasi dalam posyandu paripurna dan pada akhir kegiatan seluruh lansia akan diajak melakukan perjalanan suci (tirtayatra) ke sejumlah tempat suci di Bali," katanya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018