Denpasar (Antaranews Bali) - PT Pertamina (Persero) menyebutkan konsumsi bahan bakar minyak untuk pesawat udara (avtur) di Bali mulai meningkat 5-10 persen dari rata-rata konsumsi per hari mencapai 2.300 kiloliter memasuki arus mudik Lebaran 2018.

"Konsumsi avtur di Bali merupakan tertinggi kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta," kata General Manager Pertamina Pemasaran Wilayah V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Ibnu Chouldum di Denpasar, Sabtu.

Menurut Ibnu, konsumsi semakin melonjak saat setelah lebaran karena masyarakat akan menghabiskan libur panjang salah satunya di Bali yang menjadi magnet utama wisatawan dalam negeri.

Ibnu menuturkan sudah banyak pesanan avtur khususnya dari pesawat carter atau penerbangan tambahan yang diminta setelah Lebaran.

Mengantisipasi lonjakan konsumsi, pihaknya telah menyiapkan tambahan avtur sesuai dengan prediksi meningkatnya konsumsi.

Pihaknya akan menyiapkan sekitar 2.489 kiloliter untuk mencukupi kebutuhan BBM avtur di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah menerima pengajuan sebanyak 724 penerbangan tambahan untuk mengakomodasi tingginya permintaan kebutuhan saat arus mudik dan balik serta libur panjang Lebaran. (WDY)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018