Denpasar (Antaranews Bali) - Komando Daerah Militer IX/Udayana mensyukuri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 dengan menggelar buka puasa bersama dengan Gubernur Bali, Kapolda Bali, tokoh agama, tokoh adat, segenap anggota TNI beserta anak-anak panti asuhan.

"Saya berharap dengan buka puasa bersama dalam syukuran menyambut HUT ke-61 Kodam IX/Udayana ini dapat menjalin silaturahmi," kata Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dalam sambutan syukuran HUT ke-61 di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin.

Jenderal bintang dua ini juga mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah kepada umat Islam yang merayakan dan semoga dalam bulan yang istimewa ini mendapat rahmat dan ampunan setelah menjalankan segala perintah Allah.

Melalui kegiatan berbuka puasa bersama ini juga dapat menyampaikan pesan kepada tamu undangan bahwa peringatan HUT ke-61 mengangkat tema bahwa "Kodam IX/Udayana bersama komponen bangsa siap mewujudkan wilayah Bali-Nusra aman, damai dan sejahtera".

Pihaknya juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada umat Hindu di Pulau Dewata. Kedua hari suci tersebut memiliki makna kemenangan "dharma" (kebaikan) melawan "adharma" (kejahatan), sehingga umat Hindu di Bali juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan.

"Saya juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Waisak kepada seluruh umat Budha dimanapun berada, semoga umat Budha tekun dan bersemangat mengamalkan ajaran Sang Budha dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia mengatakan, Perayaan HUT ini juga memiliki makna penting bahwa TNI bertekad memantapkan profesionalisme keprajuritan dan semangat kemanunggalan TNI Rakyat, dimana Kodam IX/Udayana telah merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan sejarah masa lalu.

"Acara ini juga dapat dijadikan sebagai mawas diri dan introspeksi diri dalam menjalani kehidupan, karena kehidupan ini selalu bermakna dan dapat memberikan jawaban atas persoalan kekinian," katanya.

Dalam usia ke-61 tahun, Kodam IX/Udayana telah berupaya memberikan dharma bhakti terbaiknya kepada bangsa dan negara, seperti bertugas melakukan pengamanan tamu VIP/VVIP, pengamanan perbatasan, pengamanan pulau terluar serta tugas operasi di dalam dan luar negeri.

"Selain itu, pada 27 Juni 2018, Bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi atau Pilkada serentak dan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Annual Meeting IMF-World Bank, Oktober 2018 di Nusa Dua Bali," katanya.

Oleh karenanya, pihaknya mengharapkan seluruh komponen masyarakat berpartisipasi membantu TNI/Polri dalam ikut menjaga ketertiban kegiatan bertaraf internasional ini guna menciptakan suasana aman, lancar dan sukses tanpa mendapatkan gangguan dari pihak manapun.

"Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran, dukungan dan kerja sama yang baik dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Bali-Nusra. Saya atas nama keluarga besar Kodam IX/Udayana juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas bantuan dan kerja sama selama ini," katanya.

Karena tanpa adanya dukungan dan kerja sama yang tulus dari masyarakat, keberhasilan pelaksanaan tugas pokok Kodam IX/Udayana tidak berjalan dengan baik.

"Seperti Pepatah Bali mengatakan `paras paros sarpanaya, salunglung sabayantaka` atau mari kita bersama senantiasa menjalin silaturahmi, menjaga hubungan harmonis, bekerja sama saling bahu-membahu dalam memecahkan setiap permasalahan, berbagi beban yang sama serta merapatkan barisan dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa," katanya. (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018