Objek wisata tutup, letusan freatik Merapi akibatkan hujan abu

Jumat, 11 Mei 2018 13:26 WIB

Yogyakarta (ANTARA News) - Letusan freatik Gunung Merapi di Yogyakarta mengakibatkan kepulan asap tinggi dan membawa hujan abu tipis di beberapa wilayah lereng dan sejumlah objek wisata sekitarnya ditutuop pada Jumat pagi.
 
"Sesuai record anggota TRC BPBD di lapangan letusan diperkirakan pukul 07.45," kata Komandan Tim Reaksi Cepat BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DI Yogyakarta, Wahyu Pristiawan.

Pristiawan menjelaskan bahwa letusan freatik terjadi akibat adanya uap air bertekanan tinggi yang terbentuk seiring dengan pemanasan air bawah tanah atau air hujan yang meresap ke tanah dalam kawan dan bersentuhan dengan magma. Letusan itu menimbulkan hujan abu tipis di beberapa wilayah lereng Gunung Merapi.

"Saat ini hujan abu sudah mulai berkurang," kata dia.

"Insya Allah bukan seperti erupsi yang membahayakan. Itu disebabkan tekanan uap air, yang hanya terjadi sesekali," kata dia.

Meski demikian, menurut dia, Tim Reaksi Cepat BPBD saat ini telah mengevakuasi warga yang ada di lereng Gunung Merapi ke Pos Pengungsian yang ada di tiga titik yakni di Cangkringan, Glagaharjo, dan Umbulharjo, Sleman.

Objek wisata tutup
Sementara itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menutup sementara objek wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi menyusul letusan freatik gunung berapi itu.

"Objek wisata di lereng Merapi yakni Kaliurang dan lava tour Cangkringan, Kaliadem, ditutup sementara karena letusan freatik Merapi dan hujan abu," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih.

Dia belum bisa menyampaikan sampai kapan penutupan objek wisata tersebut karena masih menunggu hasil koordinasi dengan instasi terkait.
"Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Sleman, BPPTKG Yogyakarta maupun instansi terkait lainnya untuk keamanan wisata di lereng Merapi," kartanya (ed)

Pewarta: Luqman Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018

Terkait

Lava pijar Gunung Merapi

Selasa, 12 Desember 2023 8:46
Terpopuler