Jakarta (Antara) -  Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar acara syukuran memperingati HUT Kementerian BUMN ke-20 yang diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari gelar aksi bersih-bersih, kerja bersama mengecat beberapa sisi bagian Gedung Kementerian.

Selain itu, dilakukan potong tumpeng hingga sejumlah penandatangan kerja sama dalam rangka sinergi BUMN.

"Peringatan HUT Kementerian BUMN ini bersamaan dengan HUT 24 BUMN yang berulang tahun pada Maret dan April 2018," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat.

Acara bertema "One Vision, One Nation, One Family, to Excellence" dihadiri seluruh deputi menteri BUMN, sejumlah direktur utama BUMN, dan ratusan karyawan BUMN yang memenuhi halaman depan dan belakang Gedung Kementerian BUMN.

Perayaan HUT ini juga  menghadirkan mantan menteri BUMN Tanri Abeng dan Mustafa Abubakar, pensiunan dan sejumlah tokoh Kementerian BUMN.

"Di usia Kementerian yang sudah menginjak 20 tahun ini, diharapkan semua perusahaan 'pelat merah' agar menjadi kuat dan sehat, memberikan kontribusi positif bagi negara lewat fungsinya sebagai agen pembangunan serta melalui komtribusi dividen, pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)," ujar Rini.

Dalam pidatonya, Rini juga mengingatkan bahwa BUMN harus betul-betul menjalankan fungsinya sebagai koorporasi yang turut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kita harus masuk ke proyek-proyek yang mendukung perekonomian Indonesia secara langsung baik di jalan tol, pengembangan bandara, pelabuhan, mendorong konektivitas udara, elektrifikasi, membantu masyarakat di daerah terluar dengan manajeman dan pengawasan dari pemegang saham yang profesional," katanya.

Setelah berpidato, Rini mengajak seluruh hadirin bersama-sama menyanyikan Lagu Padamu Negeri.

Selanjutnya, Rini juga  melakukan video konferensi menyapa sejumlah karyawan BUMN yang menggelar HUT Bersama BUMN di empat kota yaitu Bali, Makssar, Balikpapan dan Palembang.

Dalam video konferensi di ITDC Nusa Dua, Bali, puluhan pimpinan BUMN se-Bali langsung merespons harapan Menteri BUMN untuk terciptanya kerukunan dan saling sinergi antar-BUMN, bahkan BUMN se-Bali menyepakati pertemuan rutin "Semeton BUMN" secara rutin dalam tiga bulan sekali.

Selain itu, acara HUT ke-20 Kementerian itu juga diisi dengan rangkaian kegiatan positif lainnya, seperti pengecatan Mesjid Ar- Rayyan yang terletak di belakang Kementerian BUMN, peluncuran Website Mudik Bareng BUMN (http://mudik.bumn.go.id).

Selanjutnya, pengukuhan paguyuban pensiunan Kementerian BUMN, pelatihan membatik, peragaan busana batik dari Sarinah, fire works management dan Primissima, lomba marawis dan BUMN Got Talent. (ed)

Pewarta: Royke Sinaga

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018