Denpasar (Antaranews Bali) - Perusahaan penyedia jasa pemesanan hotel dan tiket perjalanan dalam jaringan, Traveloka, menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk membidik segmentasi wisatawan penggemar sepak bola dengan memberikan layanan khusus menjelang Piala Dunia 2018.

"Kami berikan 2.500 lisensi hak siar pertandingan kepada mitra hotel yang sudah bekerja sama," kata Country Market Manager Traveloka John Safenson di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Pihaknya menyepakati nota kesepahaman yang ditandatangani bersama Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani dan disaksikan Vice President Pengembangan Bisnis Futbal Momentum Asia (FMA) Faizal Adiputra selaku pemegang lisensi ekslusif teritorial Piala Dunia 2018 di Indonesia.

Safenson menjelaskan pemberian lisensi tersebut sangat selektif kepada mitra hotel di seluruh Indonesia dengan mempertimbangan fasilitas penunjang yang dimiliki, diantaranya sarana ruangan besar, restoran atau kafe untuk mengakomodasi nonton bareng tamu yang menginap atau pengunjung.

Nantinya, lanjut dia, hotel yang bekerja sama akan diberikan logo khusus FIFA berikut deskripsi informasi hotel tersebut pada aplikasi dalam jaringan Traveloka.

Terkait harga kamar hotel setelah adanya kerja sama itu, Safenson mengatakan pihaknya menyerahkan keleluasaan kepada mitra hotel untuk mengatur harga kamar sendiri, termasuk mengalokasikan jumlah kamar tertentu.

Dia mengharapkan dengan adanya layanan khusus tersebut akan melipatgandakan jumlah unduhan aplikasi Traveloka yang tercatat saat ini mencapai sekitar 30 juta unduhan pada akhir tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan dengan adanya kerja sama itu akan memberikan nilai tambah khususnya bagi tamu yang menginap dengan layanan nonton bareng sesuai dengan lisensi hak siar ajang prestisius empat tahun sekali itu.

Pihaknya mengharapkan tingkat keterisian kamar juga bisa melonjak yang diproyeksikan lima hingga 10 persen apalagi pelaksanaan Piala Dunia itu bertepatan dengan musim liburan.

Perhotelan, kata dia, diyakini juga tidak akan memikul beban berat terkait biaya hak siar karena mengikuti produksi pemesanan kamar hotel melalui aplikasi Traveloka.

"Orang akan melihat jika hotel ini ada fasilitas nonton bareng kayaknya lebih menarik. Itu juga suatu promosi menarik jadi bisa meningkatkan okupansi," ucapnya.

Piala Dunia akan digelar di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 yang dipastikan akan menyedot perhatian masyarakat dunia baik yang menonton langsung mau pun melalui siaran televisi. (ed)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018