Denpasar (Antaranews Bali) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang laut yang diperkirakan mencapai hingga 3 meter di perairan Selat Bali.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan di Denpasar, Selasa, menjelaskan perkiraan tinggi gelombang laut itu diprediksi hingga tiga hari mendatang, 23-25 Januari 2018.

Selain di Selat Bali, pihaknya juga memperkirakan tinggi gelombang laut berkisar 0,75-3 meter terjadi di Selat Lombok, sedangkan di perairan utara Bali, Taufik menambahkan tinggi gelombang laut diperkirakan mencapai 0,5-2 meter.

Sementara itu untuk pergerakan angin, BMKG memperkirakan angin bertiup dari arah barat-barat laut dengan kecepatan berkisar antara 10-40 kilometer per jam.

Menurut Taufik, kondisi tersebut disebabkan wilayah Bali telah memasuki musim hujan dengan puncak yang terjadi pada periode Januari-Februari.

Dia menambahkan massa udara basah masih terkonsentrasi pada lapisan permukaan hingga lapisan 200 milibar yang mendukung pembentukan awan hujan di Pulau Dewata.

Selain itu adanya tekanan rendah di Samudera Hindia tepatnya di selatan Pulau Jawa yang memanjang hingga utara Australia mendukung pengumpulan massa udara basah di sekitar wilayah Bali hingga NTT.

Untuk itu BMKG mengimbau masyarakat khususnya nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari untuk mewaspadai tinggi gelombang laut tersebut dan memperhatikan informasi dari BMKG. (WDY)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018