Amlapura (Antara Bali) - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri meninjau pembangunan lanjutan Dermaga Cruise Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, daerah ujung timur Pulau Bali. 

Bupati Ayu Mas Sumantri didampingi Kadis Perhubungan setempat Ida Bagus Putu Suastika dalam kunjungan pada Senin melihat dari dekat perkembangan pembangunan dermaga kapal pesiar itu.

Dermaga tersebut sedang dalam proses pengerjaan penanaman tiang pancang yang akan diikuti dengan pelebaran dermaga sepanjang 100 meter serta pembangunan "Jetty" dengan sistem "Rampdoor".

Ayumas Sumantri mengatakan pembangunan tersebut merupakan upaya Pemkab Karangasem untuk melanjutkan kembali proyek pembangunan Dermaga Cruise Tanah Ampo.

Hal itu merupakan realisasi dari usulan kepada pemerintah pusat untuk mengantisipasi jangka pendek pemanfaatan dermaga dan gedung terminal agar dibangun "Jetty" dengan sistem "Rampdoor".

Hal itu dimaksudkan agar kapal cruise yang ingin bersandar dengan lego jangkar di Labuan Amuk dapat difasilitasi dengan menggunakan kapal scoci menuju dermaga melalui jetty rampdoor, ujar Bupati Ayu Mas Sumantri.

Ia menjelaskan pembangunan pemecah gelombang (break water) dan jetty ramdor merupakan pembangunan lanjutan dermaga yang didasari atas kebutuhan kedatangan dan keberangkatan kapal karena para penumpang masih mengalami kesulitan.

Untuk itu dibutuhkan "break water" dan "jetty ramdor" sebagai tempat sandar sekoci yang mengangkut penumpang dari kapal pesiar menuju dermaga.

Pembangunan lanjutan dalam tahun 2017 yaitu melakukan perluasan dermaga sepanjang 100 meter dengan dukungan dana pemerintah pusat (APBN) sebesar Rp49 miliar.

Pelaksanaan proyek tersebut selama 120 hari kalender, sejak 18 Agustus dan serah terima 15 Desember 2017 dengan pemenang tender kontraktor pelaksana PT Kurniadjaja Wirabhakti-PT KarunaKarya (KSO) dan Konsultan Pengawas PT Kiat Global Ismatika.

"Kami tetap optimistis pembangunan dermaga tetap berlanjut karena pemerintah pusat dalam tahun 2018 akan mengucurkan dana lagi untuk menambah perluasan dermaga Cruise Tanah Ampo sekitar 50 meter yang nantinya akan dianggarkan dalam APBN 2018 melalui Dirjen Perhubungan Laut Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Padang Bai (KSOP)," ujar Ayu Mas Sumantri. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017