Amlapura (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengimbau tim yang bertugas di posko pengungsian agar memenuhi kebutuhan pangan para pengungsi, sehingga tidak sampai ada yang sakit akibat tidak mendapat asupan gizi.

"Dapur umum harus segera dibuatkan, saya minta masyarakat turut membantu petugas dan nanti kalau sudah ada dapur umum masyarakat dapat membantu petugas secara bergiliran untuk membuat makanan karena dalam keadaan seperti ini sikap gotong rotong sangat kita butuhkan," kata Pastika saat meninjau lokasi pengungsian di UPT Pertanian, Rendang, Karangasem, Jumat.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Bali itu meminta petugas untuk membeli bahan-bahan pokok makanan dan membuat dapur umum di posko pengungsian.

Pastika menambahkan, memang tidak ada yang berharap Gunung Agung akan erupsi, namun segala upaya antisipasi harus tetap dilaksanakan.

Menurutnya, untuk melakukan upaya maksimal seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota se-Bali sudah dikerahkan, yang dibagi beberapa zona yaitu Karangasem, Klungkung dan Buleleng menjadi tempat pengungsian warga jika hal buruk terjadi.

"Kita semua berharap yang terbaik, meskipun demikian segala sesuatunya harus dipersiapkan untuk menyelamatkan warga," ucapnya sembari meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena semua sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Selain itu TNI dan Polri juga siap membantu yang merupakan sumberdaya yang cukup handal dalam menghadapi bencana. Gubernur juga mengingatkan masyarakat jangan percaya media sosial dalam kondisi seperti ini karena dikhawatirkan ada oknum tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi ini untuk mengambil keuntungan. (*/adt)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017