Kuta (Antara Bali) - Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali optimistis dapat mencapai target 5,6 juta penumpang mancanegara tahun 2017 karena didukung minat yang besar dari maskapai internasional melayani penerbangan langsung ke Pulau Dewata.

 "Bulan lalu untuk pertama kali kami menerima penerbangan Mehan Air dari Tehran, Iran dan Bali adalah destinasi pertama di Indonesia yang disasar maskapai itu, " kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Kuta, Kabupaten Badung, Senin. 

 Yanus menjelaskan hingga Juli 2017, berdasarkan data keimigrasian sebanyak 3,5 juta penumpang dari mancanegara tiba di Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, yang tercatat naik 22,18 persen dibandingkan periode sama tahun 2016.

 Dia menjelaskan jumlah penumpang asing tersebut hingga Juli mencapai 64 persen dari target dalam setahun mencapai 5,6 juta penumpang internasional. 

 Menurut Yanus, peningkatan signifikan didominasi penumpang dari China sebesar 25 persen atau sekitar 896 ribu dengan tingkat pertumbuhan mencapai 60 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 559 ribu. 

 "Selama dua tahun terakhir, China memang menempati posisi penumpang tertinggi yang datang ke Bali," imbuh Yanus.

 Di posisi kedua ditempati penumpang asal Australia mencapai 632 ribu atau 18 persen dan diurutan ketiga diisi penumpang dari India sebanyak 234 ribu atau tujuh persen dari keseluruhan. 

 Yanus juga mencermati perkembangan penumpang asal Timur Tengah yang tumbuh dua kali lipat atau 100 persen dibandingkan tahun lalu. 

 "Periode Januari sampai Juli tahun lalu ada lebih dari 17 ribu orang dan tahun ini melonjak menjadi 35 ribu. Sepertinya ini dampak positif dari kunjugan Raja Arab Saudi ke Bali akhir awal Maret lalu," ucap Yanus.

 Potensi penumpang asing yang terus meningkat, ujar Yanus, menjadi salah satu faktor Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mempercepat pengembangan dan penambahan fasilitas operasionalnya. 

 Saat ini Angkasa Pura I tengah mendorong percepatan penambahan 11 tempat parkir pesawat dan 40 gerai pelaporan penumpang.(Dwa) 

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017