Negara (Antara Bali) - Hari jadi Kota Negara ke 122 yang merupakan ibukota Kabupaten Jembrana, dirayakan selama dua bulan mulai dari Juli hingga awal September, dengan berbagai jenis kegiatan.

"Ada 55 jenis kegiatan mulai dari pameran kerajinan, olahraga, pentas seni hingga hiburan. Perayaan HUT Kota Negara dirangkum dalam Jembarana Festival," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan HUT Kota Negara bertema Kertaning Gumi Makepung atau Menuju Jembrana Sejahtera ini, tidak hanya terfokus di jantung kota, tapi juga tersebar di kecamatan-kecamatan, agar seluruh masyarakat bisa merasakannya.

Menurutnya, agar pelayanan instansi pemerintahan tidak terganggu, seluruh kegiatan diselenggarakan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Beberapa kegiatan yang menjadi unggulan dalam HUT Kota, menurutnya, antara lain pameran kerajinan di areal parkir Kantor Bupati Jembrana, lomba makepung (sejenis pacuan kerbau khas Jembrana) dan parade budaya.

"Kegiatan HUT Kota Negara yang dirangkum dalam Jembrana Festival akan ditutup tanggal 1 September dengan penyerahan hadiah, hiburan serta pesta kembang api," katanya didampingi Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan.

Khusus untuk pameran kerajinan ia mengatakan, dari 113 stand yang disediakan, pihaknya tidak menerima produk yang dikerjakan mesin.

"Seluruhnya harus karya kerajinan yang dikerjakan tangan. Tidak boleh ada produk dari mesin," katanya.

Ia juga mengungkapkan, berbagai kegiatan HUT Kota Negara juga mengakomodir gagasan dan partisipasi dari masyarakat, dengan tujuan agar seluruh masyarakat Kabupaten Jembrana merasakan kebahagiaan dalam acara ini.

Sedangkan Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan mengatakan, persiapan Jembrana Festival dalam HUT Kota Negara ini sudah dipersiapkan sejak enam bulan lalu.

"Ini merupakan penyelenggaraan Jembrana Festival yang kedua. Tahun ini banyak mengakomodir seniman-seniman lokal serta menghidupkan kembali seni budaya yang sudah langka," katanya.

Selain seniman lokal, ia mengatakan, seperti perayaan sebelumnya, panitia mengudang band nasional D'Bagindas untuk tampil dalam puncak perayaan HUT Kota Negara tanggal 15 Agustus.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017