Denpasar (Antara Bali) - Tim Gerakan Disiplin Nasional (GDN) memantau kinerja aparatur sipil negara (ASN) lewat penerapan e-kinerja di Kelurahan Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat.

"Langkah pemantauan ASN tersebut untuk meningkatkan disiplin pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar seiring penerapan e-kinerja," kata Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar Wayan Sudiana di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan dengan sistem berbasis jaringan (online) tersebut, akan dapat diukur kerja ASN sesuai bidangnya. Jika hal itu tidak dilakukan maka program kerja tidak akan mampu berjalan sesuai dengan kinerja.

"Karena itulah semua ASN bekerja sesuai dengan arahan dari program yang telah ditetapkan dalam pelayanan kepada warga masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Denpasar Desak Nyoman Widiasih mengatakan pemantauan yang dilakukan tim GDN untuk mengetahui disiplin pegawai secara langsung, baik disiplin dalam kehadiran, cara berpakaian serta etika sebagai seorang pagawai.

Terlebih lagi, menurut Widiasih, saat ini Pemerintah Kota Denpasar telah menerapkan e-kinerja untuk memantau semua kehadiran pegawai .

"Kami harapkan melalui pemantauan yang dilakukan tim GDN dapat memotivasi organisasi perangkat daerah lainnya yang belum kena inspeksi mendadak untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," ujarnya.

Desak Widiasih menambahkan selain melakukan pemantauan (sidak), pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap disiplin pegawai, termasuk cara berpakaian sesuai dengan aturan.

"Kami dari tim GDN tidak hanya menyidak disiplin pegawai, namun juga memberikan pembinaan terhadap pegawai itu sendiri," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Desak Widiasih berharap kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di instansi masing-masing untuk meningkatkan pengawasan kinerja di internal OPD.

"Untuk pengawasan kinerja pegawai tidak bisa hanya dilakukan oleh tim GDN, melainkan juga melibatkan pimpinan OPD masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris Camat Denpasar Barat I Wayan Budha mengatakan pihaknya sangat mendukung pemantauan yang dilakukan tim GDN untuk meningkatkan disiplin pegawai.

Ia berharap pengawasan semacam ini agar rutin dilaksanakan sehingga semakin meningkatkan disiplin pegawai itu sendiri. "Kami mendukung upaya tim GDN untuk melakukan pemantauan terhadap ASN di lingkungan OPD," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017