Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar memberikan tambahan makanan gizi siswa sekolah dalam upaya pemenuhan pemenuhan konsumsi bertujuan mencerdaskan generasi penerus bangsa.

"Upaya ini terus dilakukan yang nantinya tetap mampu menjaga kualitas gizi siswa, khususnya sekolah dasar," kata Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra saat mencanangkan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) di SDN 12 Dauh Puri Desa Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat, Jumat.

Pencanangan ditandai dengan pemberiaan kudapan, obat cacing, vitamin, dan penyerahan bibit pohon bunga jempiring yang merupakan bunga maskot Kota Denpasar.

Rai Mantra mengatakan bahwa program itu juga tak terlepas dari permasalahan gizi dan penyediaan makanan ataupun pangan yang tidak memenuhi syarat aman harus diperangi bersama seluruh masyarakat.

Hal tersebut, menurut dia, dapat menimbulkan dampak negatif berupa kehilangan produktivitas, kehilangan perkembangan otak, kognitif, dan kesempatan sekolah, serta kehilangan sumber daya karena biaya kesehatan tinggi.

Dalam pemberian PMT-AS, pihaknya telah melakukan survei ke masing-masing sekolah dengan melihat pendapatan per kapita orang tua siswa di masing-masing SD.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Rai Mantra meninjau kondisi sekolah setempat. Dia memasuki ruang kelas siswa dengan memberikan dukungan untuk pelaksanaan peningkatan sarana dan prasarana lingkungan sekolah.

Rai Mantra juga tampak bercengkrama bersama siswa dan guru serta memberikan dukungan kepada siswa untuk terus giat belajar menyongsong cita-cita mereka.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan bahwa pelaksanaan PMT-AS di dua lokasi, yakni SD N 12 Dauh Puri dan SD N 2 Peguyangan, Desa Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara mulai 28 April sampai dengan November 2017.

Hal itu dilaksanakan dengan memberikan jajanan atau kudapan kepada siswa selama 108 kali, pemberian obat cacing dan vitamin sebanyak dua kali di awal dan dipertengahan PMT-AS.

"Pemberian makanan kudapan dan obat serta vitamin kepada siswa telah dilakukan sosialisasi kepada orang tua siswa dan komite sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 12 Dauh Puri Desak Nyoman Sugiati Asrini mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Rai Mantra, Wakil Wali Kota Jaya Negara, serta Pemkot Denpasar yang telah memberikan perhatian terhadap siswa SD.

"Terpilihnya sekolah kami juga memberikan manfaat pada peningkatan gizi siswa serta mengharapkan program ini dapat secara berkesinambungan," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017