Denpasar (Antara Bali) - Ketua Yayasan Seni Kehidupan (YSI) Rupgurbani mengharapkan warga masyarakat menjaga kesehatan dengan pola hidup yang baik dan teratur, salah satunya dengan berlatih gerakan yoga.

"Dengan melaksanakan gerakan yoga, maka kesehatan tubuh akan lebih baik dari sebelumnya. Sebab dalam gerakan yoga juga diajarkan mengolah pernafasan dan olah tubuh," kata Rupgurbani, di sela acara dialog bertema "Body, Mind, Medicine & Beyond" di Sanur, Bali, Kamis malam.

Ia mengatakan dengan gerakan yoga sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai gejala penyakit, sebab yoga mengajarkan olah pernafasan, sehingga metabolisme oksigen mampu memenuhi ke seluruh tubuh.

"Bahkan dengan yoga juga mendapatkan ketenangan jiwa. Bila sudah dalam kehidupan tenang dan relaksasi maka secara perlahan tubuh pun menjadi nyaman dan sehat," ujarnya.

Mengenai dialog yang dihadiri para dokter itu, kata Rupgurbani, mendatangkan narasumber dari tokoh spiritual dunia yakni Sri Sri Ravi Shankar,

"Mereka sudah sering menjadi narasumber di berbagai daerah, bahkan ke sejumlah negara di dunia. Dialog tersebut sedikitnya diikuti oleh dokter dan para medis," ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan dialog itu diselenggarakan bersamaan dengan acara berkala "Art of Living : Bliss in Bali" untuk mengulas hasil riset "Sudarshan Kriya, Yoga dan Meditasi" serta pengobatan menggunakan metode Ayurveda.

"Sehat, bukan hanya bebas dari sakit atau penyakit, namun merupakan ekspresi dinamis kehidupan," kata Sri Ravi Shankar Sri.

Dikatakan, Ayurveda memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah penyakit serta menghilangkan akar penyebabnya jika hal itu terjadi pada individu tersebut.

Menurut pendiri LSM berbasis relawan terbesar di dunia itu dalam kunjungan ke Bali kali ini telah menggelar meditasi "Bulan Purnama" bersama masyarakat Bali dan para turis spiritual yang datang untuk mengikuti pelatihan meditasi "Advance Meditation Course".

Ia mengatakan sebanyak 550 peserta dalam dan luar negeri sedang mengikuti serangkaian pelatihan yang ditawarkan oleh "Art of Living". Dalam program kebahagiaan (happiness program), peserta akan mempelajari cara untuk menyelaraskan tubuh, pikiran dan jiwa, serta keterampilan untuk menguasai pikiran dan emosi demi meningkatkan hubungan dengan orang-orang di sekitar.

"Advanced Meditation Course adalah tahap berikutnya bagi peserta yang telah mengikuti program kebahagiaan, yakni peserta dituntun untuk mendalami diri dalam keheningan melalui meditasi-meditasi dan serangkaian pelatihan praktis lainnya," ujarnya.

Sri Ravi Shankar lebih lanjut mengatakan "Sudarshan Kriya" adalah teknik pernapasan yang diciptakannya, dan diajarkan dalam pelatihan "happiness program" dari Art of Living untuk mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari.

"Manfaat teknik praktis ini sudah dirasakan oleh ratusan juta insan manusia di seluruh penjuru dunia. Karena itu mari bersama-sama ikut serta mempratekkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017