Mangupura (Antara Bali) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung, Bali, memprogramkan peremajaan sejumlah objek dan daya tarik wisata (ODTW) di daerah itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara ke Pulau Dewata.

"Kami akan melakukan rejuvinasi (peremajaan) sejumlah ODTW di Badung, agar kunjungan wisatawan lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala Dispar Badung I Made Badra selaku Kadispar Badung saat dihubungi di Mangupura, Selasa.

Made Badra yang baru dilantik Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada Senin (3/4) menggantikan Tjokorde Raka Darmawan yang ditarik sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah setempat, mengaku ODTW yang akan dilakukan peremajaan adalah desa wisata yang ada di Badung.

"Kami akan soroti ODTW yang diremajakan seperti kondisi infrastruktur obyek wisata alam dan wisata pilihan khusus," katanya lagi.

Dengan peremajaan ODTW di Badung, ia meyakini wisatawan tidak keberatan menghabiskan uangnya (spend of money) untuk membeli barang yang ada di objek wisata itu

Mantan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung itu menegaskan upaya rejuvinasi itu perlu mendapat dukungan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata di daerah itu.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pertemuan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Badung dan sejumlah maskapai penerbangan maupun Asosiasi Villa di Bali (BVA).

Apabila semua pelaku sektor pariwisata di daerah itu ikut terlibat dalam upaya rejuvenasi ini maka wisatawan akan betah berlama-lama tinggal di Kabupaten Badung khususnya dan Bali pada umumnya.

"Pertemuan ini kami rumuskan dahulu bersama staf setelah Hari Raya Galungan dan melakukan validasi data yang ada. Setelah itu baru kami undang stakeholder ini," ujar Badra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017