Mangku Pastika: Jangan Percaya Medsos

Pewarta : Ni Luh Rhismawati

Mangku Pastika: Jangan Percaya Medsos

Warga mengamati peta bencana saat turut memantau aktivitas Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (19/9). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/wdy/2017)(edm)

Amlapura (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan masyarakat di sekitar kawasan Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, agar jangan memercayai media sosial terkait perkembangan kondisi dan status vulkanik gunung tertinggi di Pulau Dewata itu.

"Dalam kondisi seperti ini (level III/Siaga) jangan percaya dulu media sosial, cari sumber yang resmi," kata mantan Kapolda Bali itu di sela-sela meninjau posko pengungsian di Amlapura, Karangasem, Kamis.

Pihaknya merasa khawatir kondisi kepanikan masyarakat terkait kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Agung justru dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan membuat informasi "hoax" melalui media sosial.

"Saya khawatir ada otak-otak kotor yang memanfaatkan situasi ini, dibuat berita hoax, orang semua kocar-kacir, lalu mereka mengambil kesempatan di sana, itu semua bisa terjadi," ujarnya sembari menyebutkan ancaman pidananya tinggi, bagi mereka yang terbukti melakukan tindakan tersebut.

Pastika menambahkan, agar masyarakat membedakan antara media sosial dan media "online" (media berita dalam jaringan/daring). Jika media "online" itu jelas sumbernya, ada pemimpin redaksinya, dan alamatnya jelas, berbeda halnya dengan media sosial.

Terkait dengan kesiagaan dalam menghadapi kemungkinan erupsi Gunung Agung, Pastika mengatakan pemerintah daerah sudah siap dari sisi posko pengungsian, tenda, upaya evakuasi, pengamanan dan sebagainya.

"Kita bisa melaporkan kepada warga Bali maupun internasional bahwa kita sudah siap untuk menghadapi kejadian terburuk, walaupun kita berdoa supaya tidak pernah terjadi," ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana sudah datang menemuinya dan menyatakan kesiapannya mendukung operasi tanggap bencana tersebut.

"Kalau kurang biaya mereka (pusat-red) persiapkan, kurang peralatan, kurang kemampuan teknis mereka juga sudah siap," katanya.

Dia juga kembali mengharapkan kelompok yang rentan yakni lansia, balita, penyandang disabilitas, ibu hamil, orang dengan gangguan jiwa dan berada pada radius 6 kilometer dari Gunung Agung agar mau dengan sukarela dievakuasi.

"Tempatnya nyaman kok untuk mereka. Anak sekolah dititipkan di sekolah, yang sakit kami rawat. TNI dan Polri sudah siap untuk pengamanan dan pengerahan tenaga. Mereka merupakan sumber daya yang cukup handal dalam menghadapi bencana," kata Pastika.

Oleh karena itu, pihaknya optimistis bisa meminimalkan sekecil mungkin kerusakan dan akibat kerusakan dari bencana erupsi.

"Jadi, tidak perlu khawatir. Kemarin saya bersama pejabat terkait juga sudah tangkil (datang bersembahyang) memohon secara niskala (spiritual), mudah-mudahan Tuhan/Ida Bhatara suweca (mengabulkan) bencana ini tidak terjadi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bali selain meninjau sejumlah posko pengungsian di Kabupaten Karangasem, sebelumnya juga meninjau posko pengungsian di GOR Swecapura, Kabupaten Klungkung.  (*)
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA News Bali