Berita Terkait

Denpasar (Antara Bali) - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali I Wayan Suasta mengatakan, di Bali tercatat 10.460 guru yang telah lulus uji sertifikasi akan menerima tunjangan profesi guru (TPG) setara dengan gaji pokok per bulan.


"Berbeda dengan tahun anggaran sebelumnya, proses pencairan TPG tahun ini tidak lagi dilakukan setiap tiga bulan sekali. Namun, pencairannya dirapel setiap enam bulan sekali," kata Kadispora Bali Wayan Suasta di Denpasar, Kamis.


Untuk tahun anggaran 2010 ini, kata dia, Disdikpora Bali hanya memfasilitasi pencairan TPG untuk 2.352 guru di Bali yang lulus uji sertifikasi kuota 2009.


Sementara guru yang lulus uji sertifikasi kuota tahun 2006, 2007 dan 2008 yang jumlahnya mencapai 8.108 orang, proses pencairan TPG-nya akan difasilitasi oleh Disdikpora kabupaten dan kota, di mana guru-guru tersebut mengabdi. 


"Kami memang hanya diberikan kewenangan untuk memfasilitasi pencairan TPG untuk guru yang lulus uji sertifikasi kuota 2009 dan mereka yang mengabdi di SLB saja. Sedangkan guru-guru yang lulus uji sertifikasi pada tahun-tahun sebelumnya, proses pencairan TPG-nya akan ditangani langsung oleh Disdikpora kabupaten dan kota," katanya.


Menurut Suasta, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran Rp69,27 miliar guna membayar TPG 2.352 orang guru yang lulus uji sertifikasi kuota 2009.


Dikatakannya, pencairan TPG itu akan dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama pada awal Juli 2010 untuk TPG dari Januari-Juni 2010. Sedangkan pencairan TPG tahap kedua dilakukan pada awal Desember 2010 untuk TPG dari Juli-Desember 2010.


"Jadi, pencairan TPG itu akan dirapel setiap enam bulan sekali. Untuk tahap pertama, kami berharap proses pencairan TPG sudah bisa dilakukan pada awal Juli 2010," ujar Suasta.


Ia menambahkan, 2.352 orang guru yang pencairan TPG-nya difasilitasi oleh Disdikpora Bali sebagian besar merupakan guru yang mengabdi di jenjang pendidikan dasar yaitu TK, SD, SMP dan SLB yang jumlahnya mencapai 1.672 orang, dengan besaran TPG mencapai Rp42,13 miliar lebih.  


Sementara 880 orang lainnya berstatus sebagai guru SMA dan SMK dengan jatah TPG mencapai Rp17,13 miliar lebih.  


"Anggaran untuk membayar TPG ribuan guru itu sudah masuk dalam DIPA Disdikpora Bali," kata Suasta.(*)

Editor: Masuki
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar