Berita Terkait
Denpasar (Antara Bali) - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 yang dijadwalkan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Juni 2012 melibatkan sekitar 15 ribu seniman dari dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika di Denpasar, Rabu, mengatakan 15 ribu seniman yang terlibat itu sudah termasuk yang tampil saat pawai pembukaan, pelaksanaan pagelaran maupun pementasan PKB selama satu bulan penuh.

"Seniman dari luar negeri yang sudah memastikan diri turut serta di antaranya dari  Jepang, Korea, India, Malaysia, Amerika, Jerman, dan Belanda," katanya.

Bahkan untuk perwakilan dari Amerika, lanjut dia, akan ada beberapa kelompok seni yang turut ambil bagian pada ajang seni tahunan Provinsi Bali yang digelar bertepatan musim liburan sekolah itu.

Ia menambahkan, pada pembukaan PKB kali ini juga akan diramaikan pementasan panggung berjalan yakni mobil yang dihias sedemikian rupa dan di atasnya dipentaskan tarian khas masing-masing kabupaten/kota di Pulau Dewata.

"Untuk Kabupaten Tabanan, ada tari yang dilatarbelakangi oleh pertanian, Kabupaten Gianyar tentang kerajinan dan begitu seterusnya menyesuaikan potensi masing-masing daerah. Saat acara pembukaan nanti kontingen setiap kabupaten/kota didahului penampilan mobil hias, baru diikuti dengan penari," ujarnya.(*/T007)

Editor: Nyoman Budhiana
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar