Berita Terkait
Denpasar (Antara Bali) - SMA Negeri Bali Mandara memberikan kesempatan kepada 75 siswa lulusan SMP dari kalangan keluarga miskin untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah yang dirintis oleh Pemerintah Provinsi Bali dan Putera Sampoerna Foundation itu.

Kepala SMA Negeri Bali Mandara, I Nyoman Darta, di Denpasar, Senin, mengatakan, penerimaan siswa miskin untuk tahun pelajaran 2012/2013 itu berdasarkan hasil seleksi atas prestasi, baik akademik maupun nonakademik.

"Kami menyediakan 75 kursi untuk siswa dari keluarga tidak mampu yang memiliki prestasi, baik akademik maupun nonakademik," katanya.

Menurut dia, mereka akan mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun dari Putera Sampoerna Foundation. "Sampoerna Academy di SMA Negeri Bali Mandara untuk periode 2012-2015 mendapatkan dukungan dari Putera Sampoerna Foundation berupa bantuan pendidikan penuh bagi 75 siswa senilai Rp150 juta per orang," katanya.

Pihaknya menambahkan bahwa untuk memperoleh beasiswa tersebut, para pelamar harus menjalani proses seleksi, yaitu seleksi administrasi, tes potensi akademik, dan kunjungan ke rumah pelamar.

"Dalam proses penerimaan siswa ini, kami telah melakukan sosialisasi ke SMP yang ada di seluruh kabupaten/kota di Bali," kata Nyoman Darta menambahkan.

Pendaftaran calon penerima beasiswa dimulai bulan Februari hingga 24 Maret 2012 di SMA Negeri Bali Mandara di Jalan Air Sanih, Desa Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Sementara untuk persyaratan pendaftaran dan formulir pendaftaran dapat dilihat di www.sampoernaacademybali.blogspot.com

Dia menjelaskan bahwa beasiswa penuh yang diberikan kepada para siswa itu digunakan untuk biaya pendidikan, buku pelajaran, tunjangan kesehatan, seragam sekolah, biaya tempat tinggal, dan makan di asrama, serta biaya operasional sekolah.

Sekolah yang didirikan pada 8 April 2011 itu merupakan sekolah negeri pertama di Bali yang bertaraf internasional dengan memadukan kurikulum international Cambridge IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) dan kurikulum nasional.

Lulusan SMA Negeri Bali Mandara dijamin dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri dengan beasiswa pula.(M038/T007)

Editor: Nyoman Budhiana
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarabali.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar