Rabu, 20 September 2017

Polisi: ABK Kapal Tenggelam Dipulangkan ke Bima

| 452 Views
id Kapal tenggelam, polres buleleng, kecelakaan kapal, laut Buleleng, SAR, BPBD Buleleng
Polisi: ABK Kapal Tenggelam Dipulangkan ke Bima
Ilustrasi - Tim SAR melakukan pencarian penumpang kapal di Selat Bali yang tercebur dan hilang di laut (29/6). (Antara Foto/Gembong Ismadi/2017)(edm)
Singaraja (Antara Bali) - Kepolisian Kawasan Laut Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali, menyatakan delapan Anak Buah Kapal Cahaya Nirmala II yang tenggelam di wilayah laut setempat dipulangkan ke Bima, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Polsek Celukan Bawang, Ajun Komisaris Polisi Ketut Wisnaya, Selasa, mengatakan, kedelapan ABK yang selamat dari insiden kecelakaan kapal di perairan laut Celukan Bawang dipulangkan sesuai mekanisme yang ada.

"Kami pastikan sudah sesuai mekanisme dan tadi sekitar pukul 11.45 Wita pada (12/9) sudah berangkat. Mereka tadi berkumpul di Kantor KSOP Celukan Bawang," ujar dia.

Menurutnya, proses pemulangan kedelapan ABK itu disaksikan langsung oleh Kepala KSOP Celukan Bawang, Ketut Aryadana, Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Buleleng Nyoman Darma Kurniawan, dan juga Anggota Basarnas Buleleng.

"Sebelum diberangkatkan, kami telah memberikan pengarahan kepada mereka, bahwa kejadian ini murni tidak disengaja dan merupakan kecelakaan," jelas Wisnaya.

Selanjutnya, delapan ABK itu akan terlebih dahulu dibawa ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng untuk diberikan bekal berupa pangan.

"Setelah dua jam di kantor BPBD Buleleng, mereka akan di bawa ke BPBD Provinsi Bali dan kemudian dibawa ke Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bali.

Sementara Kepala KSOP Celukan Bawang, Aryadana meminta agar para ABK kapal termasuk nahkoda bisa memperhatikan kondisi cuaca di tengah laut saat beralayar.

"Kami harapkan semua bisa memperhatikan kondisi cuaca. Nah, untuk yang ini semoga semua ABK bisa selamat sampai ditujuan dan kembali berkumpul dengan keluarga," pungkas Aryadana.

Sebelumnya, kapal barang KM Cahaya Nirmala II yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima dan membawa delapan ABK dengan kapten kapal bernama Ibrahim, tenggelam di perairan laut Celukan Bawang, Kabupaten Buleleg. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga