Jumat, 22 September 2017

Surat Sakti Ngurah Rai Dibacakan pada HUT RI

| 475 Views
id surat Sakti, surat Ngurah Rai, upacara kemerdekaan, peringatan kemerdekaan, pemkab karangasem,
Surat Sakti Ngurah Rai Dibacakan pada HUT RI
Bupati  Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri sebagai Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Kamis (17/8). Foto Antara Bali/Humas Karangasem/adt/2017.
Amlapura (Antara Bali) - Surat sakti I Gusti Ngurah Rai, pahlawan Nasional yang gugur di medan perang dibaca kembali pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI di Lapangan Tanah Aron, dengan inspektur Upacara Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kamis.

Pembaca surat Sakti I Gusti Ngurah Rai oleh perwakilan Pemuda Panca Marga I Gusti Ayu Gita Dwiyanti Merta, seorang siwsi SMAN 2 Amlapura.

Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih sebanyak 70 orang terdiri dari pasukan 17, 8 dan pasukan 45.

Mereka terdiri atas siswa-siswi SMA dan SMK di Kabupaten Karangasem yang sebelumnya diseleksi secara ketat serta mengikuti latihan yang intensif.

Terpilih sebagai pembawa Bendera Sang Saka Merah Putih, Putri Ariani, Siswi SMKN 1 Amlapura, dengan pasukan pengibar bendera, Putu Agus Widnyana dari SMAN 1 Amlapura, I Komang Agus Aditya Paramartha dari SMAN 2 Amlapura dan I Made Aditya Wira Mahesa dari SMAN 1 Kubu.

Peserta upacara terdiri atas 34 regu peserta Napak Tilas, pasukan satuan pamong praja, TNI, Polri, Korpri, Organisasi Kemasyarakatan, organisasi Kepemudaan, mahasiswa dan pelajar.

Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf I Wayan Suatama. Pembaca Naskah Proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Nengah Sumardi.

Bupati Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati Artha Dipa mengatakan, bahwa memaknai peringatan hari kemerdekaan tidak sebatas upacara seremonial semata, namun bagaimana sekarang dan seterusnya mampu mewarisi dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa sesuai tugas dan kedudukan masing-masing.

Tema HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia adalah "72 Tahun Indonesia Kerja Bersama". Tema yang membuka pikiran dan menyadarkan semua pihak bahwa kemerdekaan, kemajuan dan keberhasilan tidak bisa diraih secara instan.

"Hanya dengan kerja bersama atau gotong royong, berbagai persoalan dapat dipecahkan," ujar Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Ia menambahkan hanya dengan kerja bersama, cita-cita bisa diwujudkan untuk dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sejarah juga telah membuktikan bahwa kemerdekaan yang diraih bukan merupakan hasil kerja parsial, namun hasil kerja bersama dan kerja keras seluruh bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu semangat kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat pulalah yang membawa Kabupaten Karangasem mampu menunjukkan kemajuan demi kemajuan positif menuju Karangasem yang bersih, cerdas dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana, ujar Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri. (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga