Jumat, 22 September 2017

LKBN Antara Biro Bali Gelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik

| 701 Views
id LKBN Antara, lkbn antara biro bali, kantor berita, pelatihan fotografi jurnalistik, pelatihan jurnalistik, HUT Antara
LKBN Antara Biro Bali Gelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik
Fotografer LKBN Antara Biro Bali I Nyoman Budiana (kiri) menyampaikan materi fotografi dalam "coaching clinic" internal di Kantor LKBN Antara Biro Bali di Denpasar, Sabtu (12/8/2017). (Antara Bali/2017/edm)
Saya harap setelah mengikuti pelatihan yang disampaikan narasumber, nantinya rekan-rekan di Biro Bali tidak hanya asal jepret saja saat membuat foto berita dan bisa membuat foto berita yang berkualitas sesuai standar jurnalistik
Denpasar (Antara Bali) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Bali menggelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik yang diikuti seluruh wartawan, staf dan karyawan, di Kantor Biro Antara Bali, Sabtu (12/8).

Dalam "coaching clinic" itu, pewarta foto LKBN Antara Biro Bali, I Nyoman Budhiana, sebagai pemateri, membagi pengalaman mengenai foto jurnalistik, seperti komposisi (point of interest, framing, keseimbangan ruang), bentuk, kontras (warna), tekstur (pola), jarak (long shot, medium, close up), sudut, dan background-front ground.

Secara khusus, Nyoman Budhiana lebih banyak memberikan materi tentang bagaimana memaksimalkan kemampuan kamera yang dimiliki telepon seluler (HP) guna menghasilkan karya fotografi jurnalistik yang dapat menunjang informasi untuk portal Antara Bali.

"Saat ini, hampir seluruh telepon seluler sudah dilengkapi kamera, saya harap rekan-rekan semua juga dapat mulai memotret untuk melengkapi berita yang dibuat dengan menggunakan telepon seluler masing-masing," ujar Budhiana kepada belasan wartawan, staf, dan karyawan LKBN Antara Biro Bali.

Dalam era digital, proses produksi hingga publikasi berita berjalan sangat cepat, karena itu sebaiknya disikapi wartawan dengan mempercepat proses kerjanya, salah satunya memotret dengan menggunakan telepon seluler. Selain itu, memotret menggunakan telepon seluler juga lebih mudah jika dibandingkan menggunakan kamera profesional.

"Kualitas foto yang dihasilkan kamera telepon seluler saat ini sudah jauh diatas standar foto yang dibutuhkan untuk portal, tinggal bagaimana kita menentukan komposisi, sudut pengambilan dan momen untuk menghasilkan foto jurnalistik yang berkualitas," katanya.

Selain membahas berbagai materi tentang teknis pengambilan foto, Nyoman Budhiana juga memberi materi mengenai penulisan caption (keterangan pelengkap foto) yang sesuai dengan standar LKBN Antara. "Caption sesuai standar Antara itu simpel tapi mencakup prinsip 5W+1H dan cara penulisan SPOK," kata Budhiana.

Sementara itu, Kepala LKBN Antara Biro Bali, Edy M Yakub, menjelaskan pelatihan fotografi jurnalistik dalam rangkaian peringatan HUT Ke-80 (Dasawindu) Antara itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan Antara Biro Bali agar mampu memproduksi karya foto jurnalistik untuk melengkapi berita yang mereka buat.

"Saya harap setelah mengikuti pelatihan yang disampaikan narasumber, nantinya rekan-rekan di Biro Bali tidak hanya asal jepret saja saat membuat foto berita dan bisa membuat foto berita yang berkualitas sesuai standar jurnalistik," ujarnya.

Dalam upaya peningkatan kualitas SDM itu, ia menambahkan LKBN Antara Biro Bali merancang "coaching clinic"  berkala pada setiap tiga bulan sekali. "Pada Mei 2017, kami mengadakan pelatihan pembuatan berita konvergensi dengan narasumber dari LKBN Antara Biro Jawa Timur yakni Akhmad Munir (kepala biro), Fiqih Arfani (pewarta konvergensi), dan Taufik Samsul Hadi (teknisi)," katanya.

Setelah pelatihan foto jurnalistik, LKBN Antara Biro Bali juga berencana menggelar pelatihan jurnalistik berkali dengan materi berbeda untuk terus meningkatkan kemampuan jurnalistik para wartawannya, seperti video jurnalistik, karangan khas (feature), grafis, dan konten jurnalistik lainnya.

"Tidak menutup kemungkinan kami juga menularkan pengetahuan kami melalui workshop jurnalistik untuk pelajar, mahasiswa, dan pihak eksternal. Bahkan, dalam rangkaian HUT Ke-80 Antara, kami merencanakan workshop fotografi bagi pelajar SMA/SMK se-Bali yang sebagian hasilnya akan dipamerkan dalam Pameran Foto Dasawindu Antara di halaman kantor kami," tutur pecinta batik itu. (*)

Editor: Edy M Yakub

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga