Minggu, 20 Agustus 2017

Wabup Buleleng : Gerak Jalan 45-K Perkuat Jiwa Nasionalisme

| 252 Views
id gerak jalan, pemkab buleleng
Singaraja (Antara Bali) - Wakil Bupati Buleleng, Bali, I Nyoman Sutjidra, berharap pelaksanaan Gerak Jalan 45-K (45 Kilometer) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan RI dapat memperkuat rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.

"Jiwa nasionalisme harus dimunculkan lagi. Terlebih sebagian peserta adalah anak muda dari sekolah maupun pemuda di Buleleng," katanya di Kota Singaraja, Minggu.

Ia mengatakan, lomba gerak jalan yang sudah menjadi tradisi ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat juang masyarakat, khusus peserta yang berpartisipasi.

"Gerak jalan ini menjadi motivasi untuk membangkitkan semangat juang dan sikap pantang menyerah," ujar dia.

Lomba gerak jalan tahun ini, menurutnya, lebih mencerminkan sikap perjuangan. "Tahun ini lebih mencerminkan semangat perjuangan dan lebih bagus dibandingkan dengan lomba tahun lalu," katanya.

Wabup Sutjidra menambahkan semangat para pejuang terdahulu patut diperingati bersama dengan lebih menekankan semangat melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan makna dan ungkapan mensyukuri kemerdekaan kita saat ini.

Kemerdekaan suatu bangsa tidak turun begitu saja, namun melalui perjuangan penuh pengorbanan doa dan air mata. "Kami berharap para peserta Gerak Jalan 45 Kilometer bisa menjadikan semangat nasionalisme dan patriotisme hendaknya menjadi pedoman peserta dalam mengikuti kegiatan ini," katanya.

Untuk tahun ini, perhelatan Gerak Jalan 45 Km khusus dewasa putra mengambil titik awal (start) di lapangan Desa Celukan Bawang, melewati Desa Tinga - tinga, Desa Tegal Lenga, Desa Banjar Asem, Desa Yeh Anakan, Desa Ume Anyar, dan finis untuk etape pertama di Lapangan Seririt Kelurahan Seririt dengan Jarak Tempuh 14,8 km.

Untuk Etape Kedua dari Lapangan Seririt menuju Desa Sulanyah, Desa Tangguwisia, Desa Kalianget, Desa Banjar, Desa Dencarik, Desa Temukus, Desa Labuan Aji, Desa Kaliasem dan finis Etape Kedua di depan patung Lumba-lumba Pantai Lovina dengan jarak tempuh 10,2 km.

Untuk Etape ketiga dengan jarak tempuh 14,4 km dari lapangan Voli Pantai Lovina Desa KaliBukbuk menuju Desa Celuk Buluh, Desa Tukad Mungga, Deda Pemaron, JL. A. Yani, Jl Sudirman, Jl. Pahlawan, Jl. Veteran, Jl. Gajah Mada, Jl. Dr. Sutomo, Jl. A. Yani, Jl. Kartini, Jl. Udayana dan finis di Depan Kantor Koni Buleleng.  (WDY)

Editor: I Gusti Bagus Widyantara

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga