Jumat, 22 September 2017

Gitar Ukir Karya Seniman Bali yang Mendunia (Video)

| 673 Views
id gitar, gitar ukir, pemahat patung, seniman, seniman bali, mendunia, bali visit
Gitar Ukir Karya Seniman Bali yang Mendunia (Video)
Musisi gitar Doddy Hernanto yang akrab disapa Mr D (kiri) bersama perajin gitar ukir, I Waya Tuges (kanan) di art shop miliknya di Gianyar, Bali (27/7/17). (FOTO ANTARA Bali/Pande Yudha/17/...) (e011)
Jadi, ini merupakan keajaiban dunia, karena hanya satu-satunya. Apalagi, mengukir gitar seperti itu tidak gampang
Seolah tak mau kalah dengan Bali yang terkenal dengan objek wisata yang sudah mendunia, maka hasil karya para seniman di Pulau Dewata pun menembus pasar dunia.
     
Contohnya adalah hasil karya goresan tangan seorang pria bernama I Wayan Tuges asal Gianyar, Bali. Lewat keterampilan memahat dan mengukir gitar, hasil karya pria ini kini melambung hingga ke pasar dunia.
     
Perajin gitar ukir, I Wayan Tuges, mengatakan dari ratusan gitar yang terpajang di "artshop" miliknya itu, ada salah satu gitar yang unik dan menarik.
     
"Gitar yang paling berbeda dari gitar lain buatan saya itu namanya Guiharp Ulele. Guiharp Ulele itu saya buat selama lima bulan penuh," ucap pria yang mempunya empat anak ini.
     
Rencananya, gitar yang dibanderol dengan harga ratusan juta rupiah dan sudah ada yang memesan itu akan dikirim ke mancanegara untuk dipakai oleh salah satu grup band terkenal di dunia.
     
Saat ditemui di kediamannya, ia mengaku proses pembuatan Guiharp Ulele itu memakan waktu cukup lama, karena bentuk dan lekukannya memang berbeda dari gitar lain pada umumnya.
     
"Jadi, proses membuatnya cukup rumit, tapi sejumlah seniman mancanegara suka, diantaranya dari Kanada, Jepang, Eropa, dan Amerika," tutur pemahat patung yang terjun ke bisnis ukir gitar sejak tahun 2005 itu.
     
Hingga kini, hasil karyanya sudah mendunia dan sudah banyak pemesan, diantaranya Mr Big. Musisi nasional yang menggunakan gitar ukir dari Gianyar itu antara lain Iwan Fals.
     
Selain Guiharp Ulele, gitar buatan suami dari Ni Made Roji itu antara lain gitar harpa, gitar ukulele, gitar kalimba, dan washboard.
     
"Gitar buatan saya itu mempunyai harga beragam mulai dari 15 juta rupiah hingga ratusan juta rupiah, tergantung pesanan dari konsumen," ungkapnya.
     
Bagi musisi gitar Doddy Hernanto yang akrab disapa Mr D, gitar ukir itu tidak akan didapat dari negara manapun di dunia, kecuali di Bali.
     
"Jadi, ini merupakan keajaiban dunia, karena hanya satu-satunya. Apalagi, mengukir gitar seperti itu tidak gampang," paparnya.
     
Mr D yang juga merupakan kerabat perajin I Wayan Tuges itu menilai karya perajin gitar ukir itu  tidak akan habis atau tetap lestari, karena perajin juga suka bereksplorasi dengan hal-hal baru.
     
Anda penasaran dengan bentuk gitar ukir dari hasil karya pria asal Gianyar Bali itu ?!.
     
Silakan datang dan kunjungi "Art Shop Blueberry Guitar" di Jalan Raya Baruna nomer 5, Guwang, Sukowati, Gianyar, Bali, atau sekitar 30 kilometer dari Kota Denpasar. (*)

Video oleh Pande Yudha


Editor: Edy M Yakub

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga